Ormawa, Solusi Mahasiswa untuk Kurangi Depresi

Penyebab bunuh diri Bayu Indra Pratama, mahasiswa semester III jurusan Sejarah, salah satu PTN akibat depresi sangat disayangkan berbagai pihak, terutama psikolog. Dimana faktor lingkungan masih menjadi penyebab utama munculnya depresi berat yang dialami Bayu.

“Lingkungan yang dimaksud bisa jadi dari keluarga dan kampus sendiri. Kesedihan akibat putus cinta itu bisa berdampak positif dan negatif tergantung person yang mengalaminya,” ungkap Drs Amir Hasan Ramli Psi MSi, psikolog Malang, Selasa (19/8).

Kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) sebenarnya merupakan salah satu solusi terbaik bagi mahasiswa untuk menekan tingkat depresi yang disebabkan problem pribadi maupun tekanan tugas kampus. Setidaknya padatnya kegiatan di kampus akan mengalihkan perhatian mahasiswa terhadap masalah pribadinya.

“Depresi bisa menyerang siapapun baik laki-laki maupun wanita. Dan peranan lingkungan akan sangat menentukan tingkat depresi seseorang,” bebernya.

Hal yang sama juga dikemukakan Kabag Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang (UM), Dra Fatmawati Istamar, yang mengakui melalui Ormawa, mahasiswa akan terbiasa memecahkan berbagai tantangan permasalahan. Biasanya mahasiswa yang memilih terlibat di Ormawa punya daya tahan yang lebih kuat terhadap depresi kejiwaan.

“Biasanya mahasiswa yang aktif di Ormawa akan lebih optimistis menghadapi persoalan yang dihadapi mereka. Karena mereka mempunyai pilihan positif atau solusi dari permasalahan itu,” ujar Fatmawati.
Terkait dugaan bahwa Bayu adalah salah satu mahasiswa UM, Fatmawati juga belum dapat memastikan kebenarannya. Pasalnya, hingga saat ini bagian kemahasiswaan UM masih belum mendapat informasi dari Fakultas Sastra yang membawahi jurusan Sejarah.

“Apalagi kami saat ini sedang sibuk mengurusi kegiatan Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT) untuk mahasiswa baru. Pembantu Rektor III juga tidak menyinggungnya,” kata Fatmawati.
(st11/Surya)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s