Target PAD Jangan Membebani Masyarakat

Dinaikkannya target PAD yang diajukan dalam PAK APBD 2008 tidak boleh berdampak pada masyarakat kecil. Pemkot diingatkan agar makin meningkatkan pelayanan publik. Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang, Ahmad Taufiq Bambang DHT memastikan dewan tidak akan membiarkan kenaikan target PAD berdampak pada beban masyarakat kecil.

Menurut dia, kenaikan target PAD yang diusulkan dalam PAK APBD 2008, seperti pajak hotel dan restoran tidak berdampak langsung pada masyarakat kecil. Begitu juga kenaikan target PAD lainnya. “Kenaikan target PAD tidak berarti kenaikan retribusi. Sebenarnya kita melihat masih ada potensi yang masih bisa dimaksimlkan tanpa harus ada kenaikan retribusi. Yang harus dilakukan intensifikasi sumber pendapatan,” katanya.

Menurut politisi Partai Golkar ini, mestinya disaat menaikkan target pendapatan, pemkot harus mengimbangi dengan meningkatkan pelayanan pada masyarakat. “Pelayanan masyarakat harus diutamakan,” tandasnya.

Karena memastikan kenaikan target PAD tidak berdampak pada beban masyarakat kecil, dia menegaskan, dewan akan all out saat membahas PAK. Tujuannya kenaikan target PAD lebih berorientasi pada intensifikasi dan memanfaatkan potensi pendapatan yang ada di kota pendidikan ini.

Secara terpisah, Wakil Koordinator Malang Coruption Watch (MCW), Zia Ulhaq mengingatkan, agar kenaikan target tidak membebani masyarakat. “Apapun kenaikan target pendapatan daerah atau penurunan target pendapatan, kepentingan masyarakat kecil harus diutamakan,” kata dia.

Zia yang juga Divisi Advokasi MCW ini mengatakan, kepentingan masyarakat kecil yang harus diutamakan yakni mendapat pelayanan dari pemkot. “Pelayanan kepada masyarakat seperti pelayanan pendidikan, kesehatan, administrasi dan berbagai hak yang harus didapat masyarakat,” tandas dia.(van/lim) (Vandri Van battu/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s