Sekolah yang Menjadi Juara UKS Nasional

Sejak tahun 1991 Kota Malang sudah menjadi juara di lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Nasional. Di awali dengan prestasi MIN Malang 1. Pada 2006 saat gaung UKS ditabuh kembali, TK Anak Saleh dan SMPN 5 Malang menjadi juara. Pada 2007 SDN Tunjungsekar 1 dan MAN 3 Malang menjadi juara, dan tahun ini MTsN Malang 1 dan SMAN 10 Malang yang menjadi juara. Bagaimana situasi di sekolah-sekolah yang berkategori sehat itu?

Dari luar, SMAN 10 Malang sudah nampak sangat menarik. Sekolah ini cukup luas, dan adem, karena ditunjang banyak pohon rindang. Sebuah taman yang asri seolah menyambut setiap tamu yang datang ke sana. Di sisi kanan ada tempat parkir yang tahun depan rencananya akan ditambah dengan fasilitas asrama untuk siswa. Masuk lebih dalam lagi ke ruangan sekolah, nampak bangunan dengan nuansa cat berwarna hijau. Ada ruangan UKS, ada musala, dan ruangan lainnya.

Memang UKS SMAN 10 Malang dikondisikan tidak hanya sebagai tempat untuk anak-anak yang sakit saja. Tapi juga sebagai sumber informasi untuk siswa. “Di UKS ini ada banyak info layanan kesehatan yang bisa diperoleh, termasuk bagaimana konsep pendidikan lingkungan hidup yang sehat,” kata Kepala SMAN 10 Malang, Dra Hj Niken Asih S kepada Malang Post.

Di sebelah kanan UKS, tepatnya di pojok kanan belakang, ada kantin UKS yang terlihat sangat bersih. Di kantin ini, siswa bisa mendapatkan berbagai jenis makanan yang sehat. Sebab penjualnya sudah mendapatkan training dari Departemen Kesehatan (Depkes) dan juga sertifikat bahwa makanan yang dijual adalah layak dikonsumsi.

Satu hal lagi yang membuat sekolah ini terpilih menjadi juara satu tingkat Nasional UKS, yaitu jumlah toilet yang dimiliki. Di sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 783 siswa itu, ada 50 toilet yang tersedia. Kondisinya pun sangat bagus, bersih dan rapi. Pendidikan kesehatan diajarkan sekolah dengan memberikan rasa tanggung jawab kepada siswa untuk ikut menjaga kebersihan sekolah termasuk UKS.

“Anak-anak kami ajarkan untuk selalu menyiram setelah memakai kamar mandi, dan mereka pun bertugas untuk mengawasi kondisi toilet ini. Kalau dirasakan kotor, bisa meminta petugas kebersihan membersihkannya,” ungkapnya.

Diakui wanita yang juga pernah menjabat Waka Kurikulum SMKN 3 Malang ini, SMAN 10 memberlakukan prinsip green, clean, healthy dan safety.

Perilaku hidup sehat ditanamkan setiap hari kepada siswa. Bahkan, kini ada kebiasaan baru di sekolah. Setiap guru membiasakan untuk melakukan stretching di kelas jika melihat siswa mulai mengantuk.
Pemandangan indah yang terlihat di sekolah ini memang tidak diwujudkan dalam waktu yang cepat. Menurut Niken, ia mulai menata sekolah ini sejak Mei 2005. Saat itu, ia mencoba menggalang komitmen seluruh civitas sekolah. Dengan motto One Step Forward Every Day, sekolah ini pun terus melaju.

Bahkan SMAN 10 Malang menjadi satu-satunya sekolah di Malang yang mendapatkan kepercayaan Sampoerna Foundation untuk mengembangkan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). (rosida/bersambung) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s