Sindikat Narkoba Malang-Aceh Dibekuk

Sindikat peredaran narkoba wilayah Malang Raya-Aceh, berhasil digulung Satuan Reskoba Polresta Malang. Tujuh tersangka, diamankan.

Dari tangan mereka, petugas berhasil mengamankan barang bukti 8 kg ganja kering dan dua rekening BCA dan BNI, cabang Jombang, yang diduga sebagai alat untuk melakukan transaksi narkoba.
Tujuh tersangka yang diamankan adalah, Muhammad Zamizami, Agus Sulistyawan alias Ogah, Chotib Pujiono, Fredi Susanto alias Boireng, Helmy alias Arab, M Yusron Humaidi, dan Mohammad Munawar.

Sukses penangkapan itu bermula dari tertangkapnya Helmy alias Arab di Jalan Raya Tlogomas, Sabtu (16/8) lalu. Dari tangan Helmy, petugas mengamankan barang bukti satu poket ganja. Helmy mengaku barang tersebut didapat dari Chotib, Yusron dan Fredi.

‘’Malam itu juga kami melakukan penangkapan tiga orang yang namanya disebutkan Helmy. Mereka kami tangkap saat sedang fly di rumah Fredi. Dari tangan ke tiga tersangka itu, kami mendapatkan barang bukti 3,86 gram ganja, yang dibungkus dengan kertas koran kecil,’’ terang Kasat Reskoba Polresta Malang, AKP Sunaryo saat gelar perkara hasil ungkap narkoba kemarin.

Upaya mencari pelaku utama, terus dilakukan. Apalagi petugas menduga, yang ditangkap permulaan itu hanyakan bagian kecil dari jaringan narkoba.

‘’Awalnya mereka bungkam dan hanya mengatakan mendapatkan barang tersebut dari orang tak dikenal, dengan tempat transaksi berpindah-pindah,’’ kata Kasat lagi.

Namun pengakuan itu tidak membuat petugas putus asa. Buktinya, dari hasil pemeriksaan muncul nama Zamizami, sebagai pelaku utama peredaran narkoba ini.

Untuk menjebak pelaku, petugas memakai Chotib dan Yusron untuk meminta kiriman ganja. Taktik itu berhasil, karena Selasa (19/8) malam, Zamizami datang ke Malang. Saat itu dia tidak sendirian, tapi bersama anak buahnya Munawar.

Sesuai dengan kesepakatan tempat transaksi ditentukan di Jalan Raden Intan, bawah fly over. Tapi saat itu, bukan Zamizami sendiri yang menyerahkan barang, melainkan Munawar. Alasannya, jika Munawar tertangkap, Zamizami pun secepat kilat akan kabur.

Ternyata benar, saat melihat petugas yang naik ojek menangkap Munawar, secepat kilat Zamizami kabur. Petugas langsung melakukan pengejaran, termasuk sampai harus melepaskan tiga tembakan peringatan ke udara.

Sontak pemandangan tidak biasa ini mengundang banyak warga yang melihat. Warga pun ikut membantu polisi dengan mengejar Zamizami dan berhasil ditangkap sekitar 500 meter ke arah utara, dari TKP.

Meski awalnya bungkam, akhirnya Zamizami mengaku jika dia menitipkan ganja kepada Agus Sulistyawan alias Ogah di Jombang. Tanpa membuang waktu, sekitar pukul 01.00 dinihari kemarin, petugas mendatangi rumah Agus.

‘’Tadinya Agus mengelak dikatakan menyimpan ganja. Malah kepada petugas dia mengatakan sebagai kembarannya Agus, yaitu bernama Ogah. Tapi setelah didesak, dia mengaku, sekaligus kami menemukan barang bukti ganja 7.5 kilogram, yang disimpan di tas besar, berikut dengan dua buku rekeningnya. Saat itu juga, kami membawa Agus ke Polresta Malang, untuk penyidikan lebih lanjut,’’ tandas Sunaryo.

Sementara itu, Ilham Suhudi, alias Ghotek, 59 tahun, warga Jala Aris Munandar VII RT07 RW01, Klojen juga berhasil ditangkap petugas reskoba Polresta Malang.

Ilham yang tak lain adalah adik kandung Mahmud Fauzi, 51 tahun, yang ditangkap seminggu lalu dengan kasus yang sama. Dari tangan Ilham petugas mengamankan barang bukti enam poket ganja. (ira/avi) (Ira Ravika/malangpost)

2 Komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya

2 responses to “Sindikat Narkoba Malang-Aceh Dibekuk

  1. Mudah2an cepat tertangkap biang bandarnya….
    Mbahnya sekalian…. Parah banget pengedar itu… Mo jadi apa bangsa ini…
    Hukum yang berat!

  2. wah sekarang dah bikin domain sendiri ya?

    selamat deh

    numpang mampir lagi kesini untuk promo yang satu ini :D

    http://cantigi.wordpress.com/2008/08/19/ibsn-ibsn/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s