Lika-liku MTsN I Menjadi Juara UKS Nasional


Salah satu unsur yang paling menonjol di setiap sekolah yang menjadi juara UKS adalah dari bangunan ruang UKS-nya. Bagaimana konsep ruangan UKS itu dibangun sehingga para siswa-siswi itu betah?

Di MTSN Malang 1, siapapun akan sangat betah berada di ruang UKS. Selain bersih, di tempat itu dikonsep seperti rumah tinggal. Ada ruang tamunya, ada meja santai, televisi, buku-buku, dan tentu saja tempat tidur.

Di salah satu sudutnya terdapat foto-foto siswa MTSN Malang 1 yang tergabung dalam Kader Kesehatan Remaja (KKR). Di sudut yang lain ada pajangan tanaman toga yang disimpan rapi dalam botol yang ditata rapi berderet di lemari dinding. Beberapa perabotannya juga sangat bagus dan tertata rapi.

Kalau bisa dibandingkan, ruangan UKS ini lebih mirip ruangan VIP di rumah sakit. Hanya saja ruangan ini khusus untuk melayani anak-anak dan warga sekolah saja. “Untuk ruangan UKS, kami mencoba menampilkan konsep yang berbeda. Sehingga UKS tidak hanya berfungsi untuk memberikan layanan kesehatan saja, tapi fungsinya diubah menjadi lebih dari itu,” ungkap Koordinator UKS, MTSN Malang 1, Drs M Taufik M.Pd kepada Malang Post.

Tiga fungsi baru UKS adalah satu untuk fungsi learning atau belajar, dua fungsi sebagai living atau tempat tinggal, dan working atau tempat bekerja. Dengan konsep nyaman ini diharapkan semakin banyak yang datang ke UKS. Tidak hanya saat sakit saja, melainkan saat kondisi sehat guna mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan.

Untuk optimalisasi pendidikan kesehatan, ada ratusan KKR yang aktif menghidupkan goal UKS. Para kader ini berasal dari siswa di sekolah tersebut. Mereka sangat aktif mensosialisasikan tentang pendidikan kesehatan tidak hanya di lingkungan sekolah, melainkan juga kepada warga masyarakat. Salah satunya melalui program Rumah Sehat yang dikembangkan di perumahan warga.

“Semua KKR dilatih untuk terjun ke masyarakat dan mengkondisikan bagaimana contoh rumah sehat kepada mereka. Selain itu anak-anak juga aktif di setiap kegiatan Posyandu baik Posyandu Balita ataupun Lansia,” tegasnya.

Untuk program ini, sekolah bekerjasama dengan Puskesmas dan PKK setempat. Selain itu juga digandeng dua perguruan tinggi untuk mengoptimalkan proses edukasi kesehatan ini. Perguruan tinggi yang digandeng adalah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Akper Soepraoen. Kerjasama sekolah dengan perguruan tinggi ini beberapa waktu lalu mendapatkan tanggapan yang cukup serius dari tim juri yang menilai. Dan ini layak dicontoh oleh kota lainnya.

Soal fasilitas penunjang kesehatan, sekolah ini juga sudah memenuhi standarnya. Misalnya toilet dengan jumlah mencukupi untuk siswa dan dalam kondisi bersih dan terawat. Juga adanya wastafel di setiap kelas. Ada pula kantin UKS yang sehat, dan tanaman-tanaman yang diperbanyak di area sekolah.

Menurut pria yang juga guru Matematika MTSN Malang 1 ini, meski predikat juara sudah diraih, sekolah tidak akan diam. Masih ada beberapa agenda lagi yang akan dilakukan. Misalnya saja dengan membiasakan program hidup sehat di kelas. ‘’Kalau biasanya hanya ada lomba kebersihan antar kelas, ke depan akan diagendakan lomba kesehatan antar kelas,’’ ungkapnya.(lailatul rosida)
(Lailatul Rosida/malangpost)

2 Komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

2 responses to “Lika-liku MTsN I Menjadi Juara UKS Nasional

  1. selamat dan sukses untuk para pemenang

  2. UKS nya bagus banget….dengan perpaduan warna hijau dan putih menciptakan sekolah menjadi cleen and green.tetap semangat tuk membangun UKS yang lebih maju lagi tuk mencetak generasi sehat,bugar,kuat berbudi luhur dan peduli lingkungan.ok……..tetap semangat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s