Temukan Lokasi Pemotretan dengan GPS

FOTO kenangan pemandangan indah yang sudah lama diabadikan kadang membuat kita lupa lokasinya. Hal itu tidak akan terjadi jika kita gunakan fitur yang unik, sinergi antara kamera ponsel dan GPS, salah satunya adalah Nokia N78. Kamera pada Nokia N78 memiliki kemampuan untuk bersinergi dengan GPS yang juga terdapat dalam ponsel ini. Jadi, tidak hanya gambar, namun lokasi pemotretan juga dapat dicatat, selama GPS mendapatkan sinyal dari satelit. Fitur yang disebut Location Tagging ini dapat berfungsi apabila pemotretan berada di luar ruangan (outdoor).

Proses pencarian sinyal satelit terjadi dalam beberapa detik sampai dengan beberapa menit, tergantung pada kondisi setempat. Kondisi yang berada di bawah atap, di dalam mobil atau di dekat gedung gedung bertingkat, akan mengurangi kemampuan GPS untuk menangkap sinyal dari satelit. Posisi pengambilan foto akan tercatat dalam bentuk koordinat yang akan tercantum dalam metadata yangt menyertai file foto digital tersebut (EXIF atau exchangeable image file format).

    Langkah mengaktifkan fitur Location Tagging :

  1. Masuk ke menu kamera
  2. Tekan options > settings > record location > pindahkan ke ‘ON’
  3. Setelah fitur ini dinyalakan, maka pada layar ponsel pada saat berada dalam menu kamera, akan muncul tanda yang berbentuk seperti antenna parabola.
  4. Tanda ‘x’ yang berada pada lambang antenna tersebut menandakan bahwa GPS belum mendapatkan sinyal dari satelit. Dengan demikian koordinat lokasi tidak dapat tercatat.
  5. Apabila tanda ‘x’ telah hilang, berarti perangkat GPS telah mendapatkan sinyal dari satelit dan koordinat lokasi akan tercatat
    Cara menampilkan foto yang memiliki informasi tentang lokasi pemotretan :

  1. Masuk ke menu ‘photos’, seperti biasa kalau kita ingi melihat foto foto pada kamera
  2. Pada saat preview foto tersebut (foto-foto dalam tampilan list yang berputar), untuk foto yang memiliki informasi tentang posisi, pada bagian bawah dari gambar, dimana tanggal/jam pengambilan foto terlihat, akan tampak juga lambang antena parabola.
  3. Untuk foto yang memiliki tanda tersebut, saat kita tekan options, akan ada menu ‘show on map’
  4. Klik pada ’show on map’, maka secara otomatis aplikasi Nokia Maps akan terbuka, dan menampilkan lokasi dimana pengambilan foto tersebut.

Bila sudah puas memotret di lokasi yang berpemandangan indah bersama teman atau keluarga, kita bisa berbagi foto tersebut dengan mengupload situs photo sharing seperti Flickr atau Fox langsung dari ponsel Nokia N78. Apabila foto tersebut diupload ke Flickr (www.flickr.com), Flickr juga akan mampu membaca informasi lokasi yang tercantum pada foto tersebut, dan bisa ditampilkan dalam peta dunia. Namun untuk memastikan agar Flickr dapat membaca informasi lokasi tersebut, ada setting yang harus dilakukan dalam account Flickr, dalam setting account tersebut, pastikan fasilitas ” import location data” dalam posisi ON.

  1. Masuk ke Flickr Account anda
  2. Klik ’you’ > ’your account’ > ’privacy and permission’ > ‘Import EXIF location data’ > edit, lalu pilih YES
  3. Simpan pengaturan Anda.

(marga/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s