Hadapi Lebaran, KAI Siapkan 600 Gerbong

Ramadan segera tiba dan lebaran masih sebulan lebih ke depan. Namun pemerintah tidak mau mendapat kado buruk persoalan transportasi seperti tahun lalu. Karena itulah, kemarin sore, Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal, secara khusus datang ke Kota Malang, yaitu di Stasiun Kota Baru.

Perjalanannya secara khusus menumpang KA Gajayana untuk memantau kesiapan sarana dan prasarana PT KAI jelang Lebaran mendatang. Ini demi kenyamanan penumpang dan lancarnya arus mudik pada lebaran tahun ini.

“Saya berangkat dari Bandung, Selasa pagi sekitar jam 08.00 WIB, sempat transit sebentar di Madiun lalu tiba di Malang sore ini,” terangnya kepada Malang Post.

Menurutnya, sejauh ini persiapan yang dilakukan PT KAI sudah berjalan cukup baik. Ia juga sempat melihat kesiapan gerbong eksekutif, lokomotif, dan kereta komputer yang akan diluncurkan waktu lebaran ketika transit di Madiun.

Mengenai SDM, dijelaskannya PT KAI sudah mengadakan pelatihan khusus masinis. Pihaknya juga mempersiapkan sekitar 600 JPJ (Juru Penilik Jalan) yang bertugas memeriksa kondisi rel, apakah masih layak atau tidak. Sehingga tidak ada lagi kecelakaan yang bisa menimbulkan korban akibat tidak layaknya rel kereta api.

“Kami juga akan mengadakan seleksi terhadap masinis. Selain itu, sebanyak 30 lokomotif sudah dihentikan penggunaannya karena sudah tak layak pakai. Nantinya, akan digunakan lokomotif baru yang sanggup menarik kurang lebih 14 gerbong,” sambungnya.

Untuk mengantisipasi arus mudik lebaran, jumlah gerbong rencananya juga akan ditambah. Sebanyak 600 gerbong disiapkan, melebihi jumlah tahun lalu yang hanya 200 gerbong.(mp4/lim)
(Vandri Van Battu/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s