Kereta Pengangkut BBM Anjlok di Kertosono, Penumpang KA Gajayana Diangkut Bus

Muflikh, Malangpost)

155 Penumpang KA Gajayana terpaksa diangkut dengan Bus Patas dari Stasiun Kota Baru ke Kertosono untuk naik kereta yang sama menuju Stasiun Gambir, Jakarta (foto:Muflikh, Malangpost)

Anjloknya kereta api pengangkut BBM di Kertosono berdampak di Malang. Kemarin, perjalanan KA Matarmaja dan KA Gajayana tujuan Jakarta dibatalkan. 155 penumpang KA Gajayana yang sudah terlanjur membeli tiket, terpaksa diangkut bus.

Para pengumpang itu diangkut tiga bus Patas dari Stasiun Kota Baru ke Kertosono untuk naik kereta yang sama menuju Stasiun Gambir, Jakarta.

‘’Bus yang digunakan untuk membawa penumpang KA Gajayana menuju Kertosono ditanggung KA. Mereka tidak perlu membayar lagi,’’ kata Setiono, Kepala Stasiun KA Kota Baru, kemarin sore.
Pengalihan penumpang kereta sebagai akibat dari anjloknya KA BBM di Kertosono. Informasi anjloknya kereta itu sendiri, diterima Kamis malam sekitar 22.00 WIB. Namun sampai Jumat siang, masih belum dipastikan kapan normal kembali.

Pemberangkatan penumpang KA menggunakan bus kemarin cukup menarik perhatian. Begitu tiba di stasiun, penumpang yang tidak tahu adanya gangguan perjalanan, sempat kaget ketika ditawari naik bus. Sekalipun kaget, mereka tak punya pilihan lain.

Bila biasanya kereta diberangkatkan pejabat stasiun, kemarin sore, bus penumpang KA Gajayana itu diberangkatkan kepala Stasiun KA Kota Baru Setiono. Hanya saja, tanda pemberangkatan dengan lambaian tangan tanpa bunyi peluit seperti biasanya. ‘’Tidak perlu khawatir terlambat, karena kereta tetap menunggu di Kertosono,’’ jelasnya.

Sejumlah penumpang KA Gajayana mengaku tidak mempersoalkan pengalihan ke Kertosono. ‘’Tidak masalah, yang penting hari ini tetap diberangkatkan,’’ kata Suasan, warga Sawojajar.
Empat penumpang lainnya yang ditemui kemarin sore mengatakan hal senada. ‘’Tidak biasa. Kan biasanya langsung naik kereta, eh, ini malah naik bus ke Kertosono dulu,’’ kata Ridwan, penumpang lainnya sembari tertawa.

Setiono kembali menjelaskan, pihaknya masih melihat perkembangan sampai hari ini. Bila persoalan kereta anjlok sudah tuntas, perjalanan KA dari Malang hari ini akan berlangsung normal. ‘’Ya kita lihat perkembangannya besok,” ujarnya.

Sedangkan KA Matarmaja tujuan Stasiun Senen, Jakarta, kemarin juga tidak diberangkatkan. Untung saja tiket belum sempat dijual. ‘’Begitu mendapat informasi, tadi pagi (kemarin) kami langsung memasang pengumuman,’’ jelasnya.

Sejumlah penumpang KA Matarmaja sempat kecele di Stasiun KA Kota Baru. Mereka terpaksa harus balik lagi setelah datang beramai-ramai ke stasiun untuk membeli tiket KA Matarmaja. ‘’Wah, sudah terlanjur bawa banyak barang, ternyata keretanya gak ada,’’ kata Rivai sambil tertawa.

Soal kerugian yang dialami, Setiono tidak bisa memastikan. Sebab katanya, yang menghitung kerugian di Daops KAI. ‘’Kami tidak menghitung kerugian,’’ katanya. (van/avi) (Vandri Van Battu/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s