BPOM Peringatkan Produk Cuka Apel

Cuka apel produk salah satu UKM di Kota Batu mendapat peringatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya. Peringatan yang diberikan bukan karena isinya yang tidak sesuai, tapi promosi yang dilakukannya tidak sesuai dengan manfaat produknya.

Peringatan dari BPOM Surabaya langsung disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, Ashadi melalui surat yang diterimanya beberapa waktu lalu. Dinkes pun langsung memberikan peringatan kepada produsen cuka apel tersebut.

“Cuka apel itu diproduksi di Kota Batu. Siapa dan apa merknya tidak perlu saya sebutkan. Tapi, saya sudah memberikan peringatan untuk menghentikan sementara promosi di media massa yang telah dilakukannya,” kata Ashadi kepada Malang Post, kemarin.

Dijelaskannya, BPOM menilai apa yang dipromosikan di media massa oleh produsen cuka apel yang diproduksi di Kota Batu tidak sesuai dengan manfaat yang dihasilkan dari produk itu. Cuka apel sebagai minuman suplemen, bukan untuk penyembuhan penyakit.

Dalam promosi yang dilakukannya, cuka apel disebutkan dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Padahal, produk itu hanya produk suplemen. Agar tidak menyesatkan masyarakat, BPOM meminta produsen cuka apel tersebut untuk menghentikan promosi tersebut. Jika akan kembali dipromosikan harus disesuaikan dengan produk dan manfaat yang sudah terbukti oleh penggunanya.

“Peringatan yang diberikan hanya promosi saja yang berlebihan dan dianggap menyesatkan. Sedangkan isinya tidak menjadi masalah, karena cuka apel masuk dalam kategori minuman suplemen dan bukan untuk penyembuhan,” ungkap mantan Asisten II Sekda Kota Batu itu.

Ashadi berharap, peringatan itu menjadi pelajaran bagi produsen cuka apel lainnya yang ada di Kota Batu. Agar tidak mempromosikan produknya berlebihan dan tidak sesuai dengan manfaat dari produk tersebut. Hal itu akan menyesatkan bagi masyarakat dapat dianggap melanggar undang-undang perlindungan konsumen dengan memberikan informasi produk yang tidak sesuai dengan produknya.

“Produsen jangan menghalalkan segala cara untuk dapat meraih keuntungan dengan memberikan informasi produk yang tidak sesuai kepada masyarakat. Kami juga akan memberikan peringatan kepada produsen cuka apel tersebut,” tandasnya. (aim) (Muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s