70% Area Hutan Mangrove Rusak Berat

Ir. Endang Retnowati

Ir. Endang Retnowati

Lebih dari 70 persen hutan mangrove di Kabupaten Malang dalam kondisi rusak berat. Hutan Mangrove ini tersebar di enam kecamatan dengan luas total 340 hektar. Berdasarkan catatan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) tahun 2007 jumlah hutan mangrove yang rusak sekitar 209 hektar.

Dari 209 hektar hutan mangrove tersebut, sekitar 181,50 ha dalam kondisi rusak berat dan sisanya sekitar 27 hektar dalam kondisi rusak ringan. Sampai saat ini Kabupaten Malang baru merehab sekitar 15,5 hektar lahan. Terdiri dari 11,5 hutan mangrove dan 4 ha lainnya merupakan tanaman pantai.
“Rehabilitasi terluas kami lakukan di pantai licin Lebakharjo dengan luasan sekitar 4 hektar, dari total lahan yang rusak berat sekitar 5 ha,” ujar Kepala DKP Ir. Endang Retnowati.

Dari data DKP diketahui kerusakan hutan mangrove terluas berada di Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan. Dari total luas hutan Mangrove sekitar 60 ha, sedikitnya 40 hektar diketahui rusak berat. sementara Pemerintah belum melakukan rehabilitasi di kawasan tersebut.

“Rehabilitasi DKP baru di Desa Pujiharjo 3 ha, Sendang biru dan Tamban 8,5 hektar,” imbuh Atik sapaan akrabnya.

Meski demikian, sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Malang masih mempunyai sekitar 131,50 ha hutan mangrove yang berstatus baik. Di Kecamatan Donomulyo Desa Banjarejo, dari 130 ha hutan mangrove, sekitar 70 ha masih baik, 50 ha rusak berat dan 10 ha rusak ringan.

“Tahun 2008 ini kita fokus memberikan bantuan alat tangkap langsung kepada para nelayan. Sehingga program rehabilitasi hutan mangrove baru bisa dilakukan tahun 2009 nanti,” pungkas Atik.(ary/eno)
(Ary Bagus Wicaksono/malangpost)

2 Komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

2 responses to “70% Area Hutan Mangrove Rusak Berat

  1. piyu

    Gimana ya caranya mengidentifikasi jenis-jenis mangrove… kalo pake buku,.. bukunya judulnya apa,.
    terus metode-metode penanamannya kaya apa..
    ko’ susah ya cari buku tentang mangrove…
    Bisa ga’ bagi2 buku tentang mangrovenya…

  2. Dimana-mana di Indoneis, hutan bakau mengalami kerusakan yang sangat parah. Di wilayah Kabupaten Pati Jateng malah tinggal 10 persen yang tersisa!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s