Kejari Diam, MCW Serahkan Bukti Baru

Malangpost)

Hermut Achmadi, SH. (foto:Malangpost)

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Malang, Hermut Achmadi SH mulai agak hati-hati bicara tentang dugaan korupsi yang ditangani pihaknya.

Sementara kondisi berbeda, hari ini Malang Coruption Watch (MCW) justru berencana menyerahkan temuan dugaan korupsi APBD Kota Malang tahun 2004 sebanyak Rp 11 miliar kepada Kejari Malang.
Kajari Malang Hermut Achmadi SH yang ditemui kemarin siang di kantornya, lebih memilih diam. Beberapa kali ditanya tentang perkembangan penyidikan dugaan korupsi anggota DPRD Kota Malang periode 1999-2004 dan RSSA, Hermut hanya tersenyum.

‘’Saya tidak mau (memberi penjelasan). Biarkan proses berjalan dulu, kita masih kerja,’’ kata Hemut sambil tertawa saat ditemui di lobi gedung dewan, kemarin siang. Tanpa memberi penjelasan rinci, pria ramah itu lalu meninggalkan wartawan.

Sementara Kajari enggan memberi penjelasan, pagi ini MCW bakal menyerahkan temuannya tentang dugaan korupsi di DPRD Kota Malang pada periode 1999-2004 lalu.

Kepastian MCW melaporkan temuannya itu disampaikan Koordinator Divisi Advokasi MCW, Zia Ulhaq, kemarin sore. ‘’Besok pagi (hari ini, Red.) kami melaporkan bukti baru tentang analisa APBD 2004, termasuk temuan bukti baru dugaan korupsi sebesar Rp 11 miliar,’’ jelas Zia.

Dijelaskannya, dalam temuannya, diduga jumlah uang negara yang dikorupsi sebesar Rp 11 miliar pada masa kerja dewan periode 1999-2004.

‘’Kalau temuan kejaksaan sebesar Rp 4 miliar itu, pijakan dari audit BPK. Tapi kalau berpijak pada realisasi anggaran yang tidak sesuai ketentuan, bisa lebih dari Rp 11 miliar,’’ jelasnya.
Tidak hanya itu saja, menurut Zia, MCW juga akan mendatangi Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Malang. Rencananya, pekan depan MCW melaporkan ke BK tentang adanya dugaan korupsi yang melibatkan anggota dewan.

‘’Kami akan menyampaikan ke BK DPRD Kota Malang tentang kasus ini. Sebelumnya BK mengatakan, menunggu laporan masyarakat, karena itu kami akan menyampaikan ke BK,’’ jelasnya.
Saat memberikan laporan resminya ke BK, MCW juga akan menggelar aksi teatrikal. Tujuannya memberikan seruan moral kepada BK DPRD Kota Malang akan mengambil tindakan. (van/avi)
(Vandri Van Battu/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s