Sekolah SD Tak Bisa Men-download BSE, Dinas Bagikan CD

Di Kota Batu belum banyak SD yang memiliki jaringan internet. Kalaupun ada sumber daya manusianya masih terbatas. Tak heran jika SD di sana kesulitan melakukan download Buku Sekolah Elektronik (BSE) dari situs bse.depdiknas.go.id.

Berbeda dengan SMP, SMA dan SMK yang relatif tidak ada kesulitan untuk mendapatkan buku murah dari BSE. Hampir semua SMP hingga SMK telah memiliki jaringan internet untuk dapat melakukan download BSE dari situs Depdiknas.

“Bagi sekolah yang kesulitan mendownload BSE dari internet, khususnya yang ada di SD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Batu membantunya dengan memberikan CD hasil download BSE,” kata Kepala Dinas P dan K Kota Batu, Mistin, M.Pd, kemarin.

Copian CD hasil download buku pelajaran SD diberikan secara cuma-cuma kepada masing-masing sekolah yang kesulitan mengakses internet. Oleh sekolah, hasil download itu akan dicetak dan dipinjamkan kepada siswa.

Mistin melarang keras CD atau hasil cetakan download BSE yang dilakukan sekolah di jual belikan kepada siswanya. Begitu juga dengan mengkoordinir pembelian salah satu buku mata pelajaran yang dilakukan guru. Praktik itu sudah tidak diperbolehkan.

“CD atau cetakannya dapat dipinjamkan, tidak untuk dijual belikan. Kalau sekolah ingin membeli buku pelajaran, harganya harus sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan Mendiknas. Bukunya pun harus sesuai dengan yang telah ditetapkan Mendiknas,” ungkapnya.
Buku yang dibeli menurutnya, harus sesuai dengan spesifikasi kualitas buku itu. HET tidak boleh mengurangi spek yang telah ditetapkan, mulai dari cover, warna, kertas dan juga berat kertasnya.
Kecuali, kalau siswa membeli sendiri buku itu karena ingin memiliki buku. Buku dapat dibeli bebas dimanapun dan harganya tidak HET. “BOS buku sudah mencukupi untuk kebutuhan buku di masing-masing sekolah,” terangnya.

Buku mata pelajaran yang ada di BSE telah dinilai kelayakan pakainya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan telah ditetapkan sebagai Buku Teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran. Saat ini jumlahnya sudah mencapai 407 judul buku mata pelajaran, mulai SD hingga SMK. (aim/jon) (Muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita, Indonesia, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s