uskesmas Harus Punya Ikon

Muflikh Farid/Malang Post)

Sejumlah Puskesmas di Kabupaten Malang mulai menampilkan label potensi masing-masing, tak terkecuali Puskesmas Dau dengan Ikon Puskesmas Wisata. (foto:Muflikh Farid/Malang Post)

Dinas Kesehatan Kabupaten Malang mewajibkan seluruh Puskesmas (39 buah) menampilkan ikon mereka masing-masing. Ikon tersebut diambil dari potensi berbasis lokal dari tiap-tiap Puskesmas di Kabupaten Malang. Gerakan tersebut digelar sebagai persiapan Hari Kesehatan Nasional pada bulan November mendatang.

Dari pantauan Malang Post, program tersebut telah dilakukan Puskesmas Kecamatan Dau. Puskesmas Dau menampilkan plakat bertuliskan Puskesmas Wisata di depan pintu masuknya. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang dr Agus Wahyu Arifin, penampilan ikon-ikon itu sekaligus sebagai pemetaan potensi Puskesmas.

“Setiap Puskesmas harus punya keunggulan, tentu saja di bidang kesehatan,” ujarnya.
Agus mengambil contoh, Puskesmas Kepanjen yang menampilkan ikon Sutera Mas. Ikon tersebut merupakan kepanjangan dari Surveilance Epidemiology Terpadu Berbasis Masyarakat). Menurut Agus, Sutra mas menunjukkan keberhasilan Puskesmas Kepanjen di tingkat Nasional.

“Puskesmas Kepanjen terkenal ditingkat nasional dengan program Surveilance Epidemiology-nya. Ikon itu harus ditampilkan, agar keunggulannya bisa terekpose,” kata Agus.

Yang lebih menarik, dalam rangka HKN mendatang, Agus bakal memperkenalkan Puskesmas jempol. Puskesmas tersebut rencananya bakal mengumpulkan data base pasien dengan sidik jari. Berdasarkan rencana Dinkes, Puskesmas Pakisaji dipilih sebagai percontohan Puskesmas Jempol.

“Setiap pasien yang datang akan difoto dan mencatat sidik jari, nanti akan terdata, siapa yang pernah berobat dan siapa yang belum pernah berobat,” imbuhnya.(ary/eno) (Ary Bagus Wicaksono/malangpost)

1 Komentar

Filed under Kabupaten Malang, Malang Raya

One response to “uskesmas Harus Punya Ikon

  1. Puskesmas Mojoagung

    Ide yang bagus dengan memberi Ikon pada Puskesmas. Mungkin bisa dicontoh oleh puskesmas diluar Malang ya ??? (seperti Puskesmas Mojoagung , kab. Jombang )

    http://www.puskesmasmojoagung.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s