Siasati Puasa, PMI Gelar Donor Darah Malam Hari

Meski sedang menjalankan puasa, Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Batu tetap akan menggelar donor darah untuk menunjang persediaan darah di bank darah PMI. Bedanya, donor darah tidak dilakukan pada siang hari, tapi dilakukan malam hari.

Bakti sosial donor darah itu untuk menyambut HUT PMI ke 63 pada 17 September mendatang. Acara donor darah malam akan menjadi pembuka rangkaian HUT PMI di Kota Batu. Puncaknya, pada 17 September akan digelar upacara yang melibatkan semua anggota PMI dan PMR yang ada di Kota Batu.

“Rencananya donor darah akan digelar sebanyak tiga kali. Waktunya akan dilakukan setelah salat tarawih di tempat-tempat keramaian, seperti di halaman masjid, alun-alun dan lainnya,” kata Ketua Panitia HUT PMI, Ashadi kepada Malang Post, usai rapat bersama dengan Ketua PMI Kota Batu, Dewanti Rumpoko di kantor PMI Batu, kemarin.

Dengan menggelar donor darah pada malam hari, masyarakat yang akan mendonorkan darahnya tidak sampai membatalkan puasanya. Jumlah pendonor di Kota Batu cukup besar, secara rutin mereka mendonorkan darahnya melalui PMI atau kegiatan donor darah yang digelar masyarakat.

Saat bulan puasa, biasanya jumlah pendonor berkurang. Hal itu berakibat pada stok darah yang ada di bank darah PMI. Sayangnya, Kota Batu belum memiliki unit transfusi darah yang menangani darah dari pendonor. Darah yang dihasilkan dari donor darah nantinya akan disalurkan kepada bank darah di Malang yang telah memiliki unit transfusi darah.

“Tahun depan Insya allah, Batu akan memiliki unit transfusi darah sendiri. Agar darah dari pendonor akan dikelola sendiri PMI Kota Batu. Tahun ini, rencananya akan dibangun kantor yang reprsentatif terlebih dahulu,” ungkap Kadis Kesehatan Kota Batu itu.

Kegiatan donor darah yang akan digelar selama tiga kali menurutnya, sesuai dengan tema peringatan HUT PMI tahun ini, bersama untuk kemanusiaan. Hal itu juga sesuai dengan petunjuk PMI pusat dalam pelaksaan HUT PMI tahun ini yang bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

“Puasa tidak menghalangi untuk saling berbagi terhadap sesama untuk kemanusiaan. Justru saat bulan puasa kebajikannya akan berlimpat ganda,” tandasnya. (aim/eno) (muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s