Untuk Menambah Jumlah Sapi, KUD Karangploso Digelontor Rp 2,6 Miliar

Koperasi Unit Desa (KUD) Karangploso bekerjasama dengan Bank Mandiri dan Netsle segera meluncurkan program bantuan KPPE (Kredit Ketahahan Pangan dan Energi) sebesar Rp 2,6 Miliar. “Program ini membidik pertambahan atau peningkatan populasi ternak sapi perah milik anggota KUD Karangploso dengan bunga pinjaman kecil dan tempo pengembalian berjangka panjang. Program bantuan ini dalam bentuk cash money lewat Bank Mandiri,” ujar Koodinator KKPE KUD Karangploso, Abdul Mujib, kepada Malang Post.

Dikatakannya, program yang digulirkan tersebut hanya mensyaratkan anggota KUD Karangploso secara faktual telah memiliki minimal dua ekor sapi perah. Nantinya akan dilakukan survei oleh pihak bank Mandiri dan Netsle didampingi KUD Karangploso.

“Setiap anggota diwajibkan membentuk kelompok dalam bentuk Dana Tanggung Renteng atau DTR terlebih dahulu yang terdiri atas antara 6 sampai 12 orang untuk pengajuan secara kolektif. Masing-masing anggota nantinya akan diberikan bantuan kredit lunak sebesar Rp 25 Juta. Dengan dua sapi perah yang telah dimiliki para anggota, kami berharap dari bantuan ini bisa meningkatkan jumlah ternaknya,” imbuh Mujib kemudian.

Dari 122 anggota yang mengajukan bantuan kredit KKPE, hanya 116 yang diluluskan. Nantinya mereka akan mendapatkan bantuan tersebut dalam satu tahap pencairan bantuan. Mekanisme cicilan pengembalian bantuan Rp 25 Juta adalah selama 5 tahun dengan bunga 7 persen per tahun. Mereka juga mendapatkan subsidi dari pemerintah pusat sebesar 7,25 persen dari total Rp 2,6 Miliar nilai kredit.
“Ditambah bunga per bulan 0,58 persen, setiap bulannya anggota akan mencicil Rp 410 Ribuan selama lima tahun. Tapi setiap anggota juga boleh mengambil setengah paket saja sebesar Rp 12,5 Juta dengan produk cicilan sama,” jelas pria usia 30 tahun itu.

Dari 3.975 anggota KUD Karangploso, saat ini tercatat 809 diantaranya adalah petenak susu sapi perah. Hampir 15 persen akan mendapatklan kucuran dana dari bantuan KKPE yang akan segera diberikan bulan depan.(nov/eno) (noval/malangpost)

1 Komentar

Filed under Kabupaten Malang, Malang Raya

One response to “Untuk Menambah Jumlah Sapi, KUD Karangploso Digelontor Rp 2,6 Miliar

  1. Evi Novita Sari

    Kud karangploso sya kenal pegawaix ramah dan enagk d ajak untuk bercanda,masukanx di toko seharusx d beri camera CCTV..
    Evi n0vita sari..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s