Perbaiki Moral, Empat MK Dirombak

Moral dan perilaku mahasiswa dianggap perlu dibenahi. Karena itulah, Universitas Merdeka (Unmer) Malang akan merombak model pembelajaran dalam empat mata kuliah (MK). Yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganeraan, Kewirausahaan dan Outbond. Empat hal itu akan dikhususkan dengan muatan softskills.

“Softskills ini akan kami masukkan ke semua kurikulum yang ada. Dan untuk tahap awal ada empat materi yang akan dioptimalkan dahulu,” ungkap Rektor Unmer Malang Dr Kridhawati Sadana kepada Malang Post.

Seperti diketahui, Unmer Malang adalah satu-satunya PTS di Jawa Timur yang mendapatkan Hibah Softskills dari Dikti. Untuk tahap pertama, hibah diberikan sebesar Rp 141 Juta. Target dari perombakan kurikulum ini adalah untuk menata etika dan mental mahasiswa.

Sebab selama ini, mayoritas kelemahan lulusan perguruan tinggi adalah dalam hal mental dan leadership. Jika ini dibiarkan terjadi, bisa berdampak pada kredibilitas lembaga yang meluluskannya. Karena itulah perlu dikembangkan model kurikulum yang bermuatan softskills.

“Pengajarannya nanti disebut sebagai hiden kurikulum atau kurikulum tersembunyi. Apakah sebelum atau sesudah pembelajaran diberikan, softskills dikenalkan,” ungkap Pembantu Rektor I (PRI) Unmer Malang Prof Dr Ir Agus Suprapto.

Sementara itu kemarin, Unmer Malang membuka orientasi untuk maba nya. Tahun ini sebanyak 1139 maba yang diterima. Hanya saja Unmer masih menyiapkan gelombang khusus untuk menampung maba hingga akhir September nanti. Yaitu untuk menampung siswa yang belum menerima ijazah paket C, atau pekerja. (oci/eno) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s