Dinas Kehutanan Akan Rehabilitasi Lahan Kritis 15 Ribu Hektar

Zen Achmad

Zen Achmad

Dinas Kehutanan berencana merehabilitasi sekitar 15 ribu hektar hutan yang termasuk kategori lahan kritis. Dari sekitar 35 ribu hutan yang kritis akibat penebangan liar paska reformasi tahun 1998 lalu. Pemkab Malang dibantu segenap elemen masyarakat berhasil merehab 20 ribu hektar hutan selama 10 tahun terakhir.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kehutanan Zen Achmad kepada Malang Post di pendopo Kabupaten Malang Selasa (9/9) lalu. Menurut Zen, hingga saat ini Dinas Kehutanan tengah mendata ulang seluruh lahan kritis di Kabupaten Malang. Dari pendataan sementara diketahui hutan yang kritis berada di kecamatan Pagak, Bantur dan Kalipare.

“Itu hanya data sementara, yang jelas lahan kritis kita mayoritas di kawasan hutan Malang Selatan, kerusakan hutan merata,” ujar Zen.

Zen mengatakan, hutan di Kabupaten Malang mulai rusak, sejak terjadi penebangan liar tahun 1998. Dia mengungkap, gaung reformasi membuat rakyat menebang membabi buta demi keuntungan sendiri. Sehingga tanpa disadari, ribuan hektar hutan hilang dalam hitungan satu-dua tahun.

“20 ribu hektar berhasil kita hijaukan, saat ini pekerjaan rumah kita tinggal 15 ribu hektar,” kata Zen.
Diketahui luas hutan di Kabupaten Malang mencapai sekitar 127.089 hektar, terdiri dari hutan produksi 44.180 hektare, hutan lindung 46.207 hektare, hutan konservasi 28.811 hektare, dan taman hutan raya 7.891 hektare. Zen mengatakan, kawasan hutan yang tergolong kritis bakal dikembalikan seperti awalnya.

“Kita bakal menanami dengan tanaman keras, mahoni, sengon dan jabon, yang umurnya tidak terlalu panjang. Penghijauan besar-besaran rencannya digelar di Kalipare, pada bulan Indonesia menanam November mendatang,” pungkas Zen.(ary/eno) (Ary Bagus Wicaksono/malangpost)

2 Komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

2 responses to “Dinas Kehutanan Akan Rehabilitasi Lahan Kritis 15 Ribu Hektar

  1. Mengomentari rencana menghutankan kembali daerah kalipare kami perusahaan yang bisa mengadakan bibit bambu guna konservasi dan rehabilitasi lahan kritis dengan bambu. Khususnya untuk daerah aliran sungai bambu mempunyai khususan dalam mengelola areal DAS.
    Bpk/Ibu/Sdr/i bisa melihat di web kami :
    http://www.bambunusaverde.com
    Terima KAsih

  2. Bener Pak mau akan ada penghijauan, kalau saya liat malah banyak penebangan liar, emangnya Polisi Hutan pada kemana ? Atau Bumi Arema mau dijadikan padang gurun ?????
    Kalau memang bener wah salut nih, apa yang harus kita bantu ? kita Aremania siap menghijaukan Bumi Arema.

    HIJAUKAN BUMI AREMA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s