Loket Legalisasi Ijazah Diserbu, Ijazah Hilang Bisa Diurus

Muflikh/MalangPost)

Beberapa orang nampak sedang antre di depan loket ijazah mengurus berkas-berkas yang bermasalah.(foto:Muflikh/MalangPost)

Akhir-akhir ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang disibukkan dengan layanan pengurusan ijazah. Sehari-hari nampak antrean yang cukup panjang di loket ijazah ini. Mereka datang dengan berbagai kepentingan, ada yang untuk keperluan pemberkasan honorer, melanjutkan pendidikan, hingga bursa calon legislatif (caleg). Menariknya, tidak sedikit pula yang melaporkan kerusakan hingga kehilangan ijazahnya.

“Ada kurang lebih 10 orang yang melaporkan ijazahnya rusak dan diantaranya juga hilang,” ungkap Bagian Legalisir di Kantor Disdik Kota Malang Aslikah kepada Malang Post.

Kerusakan yang terjadi pada ijazah indikasinya bermacam-macam. Ada yang rusak karena terjadi penebalan pada tahun kelahiran, nama, tanggal, dan bulan lahir. Atau yang rusak karena foto terkelupas dan buram. Juga ada pula rusak karena kebakaran, dimakan binatang rayap, atau banjir. Untuk kerusakan jenis ini, kata dia prosedur yang harus ditempuh pemohon adalah kembali ke sekolah asal mereka dan meminta surat format surat yang menyatakan bahwa terjadi kerusakan. Surat inilah yang dipergunakan selanjutnya mengurus di disdik. Sementara kasus ijazah hilang, prosedurnya harus melaporkan ke kepolisian terlebih dahulu. Laporan kepolisian ini selanjutnya dibawa ke sekolah sekaligus kopi buku induk yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan benar-benar pernah sekolah di sana.

“Sekolah sudah faham format yang harus mereka buat jika ada masalah-masalah seperti ini. Kami berharap, kalau ada masalah, pemohon bisa segera tanggap dan tahu apa yang harus dilakukan,” tegasnya.

Permasalahan yang paling berat adalah jika pemohon dalam keadaan ijazahnya hilang, dan sekolah yang mengeluarkan ijazah sudah tutup. Kondisi ini memang cukup rumit. Namun ada prosedur yang bisa dilakukan untuk penanganannya.

Yaitu dengan memanfaatkan dokumen buku induk yang biasanya disimpan rapi di Disdik. Dokumen buku induk ini sebelumnya diserahkan sekolah-sekolah yang tutup kepada Disdik. Sehingga layananannya bisa dipusatkan di kantor Disdik saja. Tapi tidak menutup kemungkinan, ada sekolah yang tutup namun tidak menyerahkan buku induknya. Untuk itu ada beberapa jalur yang perlu dilakukan. Mulai dari melapor ke kepolisian, hingga pemanggilan saksi. Saksi bisa berasal dari teman se angkatannya di sekolah, hingga guru atau kepala sekolah.

Menurut Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Kota Malang Drs Sugiharto kebenaran data yang dikumpulkan oleh orang dengan kasus ijazah hilang dan sekolah tutup tetap akan dilakukan. Artinya akan dilacak, apakah benar kesaksian yang diberikan. Jika tidak tentu saja ada sangsi yang akan diterima.

“Karena itu kami terus menghimbau kepada sekolah agar rapi dalam pencatatan buku induk sekolah ini. Termasuk juga rapi menyimpannya,” ungkapnya. (oci/eno) (Lailatul Rosida/malangpost)

1 Komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya, Pendidikan

One response to “Loket Legalisasi Ijazah Diserbu, Ijazah Hilang Bisa Diurus

  1. tyo

    kalo ngurusnya ga ada bukti legalisir atau apapun gimana yah?
    gue sma di sumatera, sekarang udah kuliah di jawa, terus ilang nya ijazah di jawa,,minta surat polisi di jawa apa di kota asal gw ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s