HI UMM Peringati Bom WTC

Humas UMM/Malang Post)

Suparto M.Pd (kiri) saat menyimak dengan serius pemaparan Jon B Alterman.(foto:Humas UMM/Malang Post)

Tragedi Wolrd Trade Centre (WTC) 11 September diperingati di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kemarin. Peringatan ini dilakukan mahasiswa jurusan Hubungan Internasional (HI) yang dikemas dalam kegiatan seminar. Hadir dalam acara itu Direktur Kajian Timur Tengah Centre for Strategic dan International Studies (CSIS) Amerika Jon B Alterman.

“Kuliah perdana HI ini sekaligus untuk mengingat kembali sejarah WTC dan mengupas tentang politik luar negeri Amerika di Timur Tengah,” ungkap Kajur HI FISIP UMM Dyah Estu Kurniawati.

Dalam paparan dan dialog tersebut, mahasiswa mencoba mengkritik kebijakan luar negeri Amerika Serikat yang sangat getol untuk membasmi teroris. Dan mengapa Amerika sangat memusuhi Iran dan juga masalah nuklir. Sayangnya kontroversi terhadap Amerika yang dilontarkan mahasiswa tidak disambut sesuai harapan. Sebagai orang Amerika, Jon malah menegaskan bahwa ia pun sebenarnya kurang setuju dengan politik luar negeri negaranya.

“Amerika itu tidak semuanya seperti Bush,” begitu salah satu komentarnya.
Dalam kesempatan itu, Jon yang didampingi Humas Konsultan Jenderal Amerika Serikat di Surabaya John Taylor mengungkapkan bagaimana terkejutnya Amerika saat tragedi 911 terjadi. Dimana Al Qaedah berhasil menerobos pertahanan Amerika dan menghancurkan menara WTC.

Hal ini kata Jon sempat membuat Amerika terguncang hebat. Selain menyinggung soal WTC, ia juga melontarkan argumennya terkait program nuklir Iran, yang menurutnya dianggap sebagai cara Iran menunjukkan eksistensinya bahwa mereka bukan negara kecil.

Sementara itu Asisten Rektor Bidang Kerjasama Luar Negeri UMM Suparto M.Pd menuturkan kehadiran Jon ini dipandang sangat pas untuk membuka kuliah perdana mahasiswa HI UMM. Sebab HI UMM memang memfokuskan diri kepada kajian politik di Asia dan Timur Tengah. Sementara Jon notabene merupakan pakar yang banyak mengkaji tentang politik Timur Tengah. (oci/eno)
(Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s