Binamarga Kebut Perbaikan Jalan

 Ir. Mochamad Anwar

Ir. Mochamad Anwar

Mempersiapkan arus mudik lebaran, Dinas Binamarga Kabupaten Malang memperbaiki jalan poros di 33 Kecamatan. Rencananya jalan poros yang bakal diperbaiki ditiap Kecamatan sekitar 3-5 km. Jalan poros itu termasuk kategori jalan Kabupaten dengan panjang total mencapai 1667,31 km.

Kepala Dinas Binamarga Ir. Mochamad Anwar mengatakan ruas jalan di beberapa Kecamatan dalam kondisi siap diperbaiki. Sedangkan di kecamatan yang lain, Dinas Binamarga tinggal membersihkan material-material pendukung. Harapannya, seminggu menjelang lebaran jalur poros dalam kondisi sempurna atau aman.

“Sudah kita lakukan perbaikan, targetnya pada 33 jalan poros kecamatan. Sisa yang tertunda kita perbaiki paska lebaran, dengan kemitraan,” ungkap Anwar.

Menurut Anwar, panjang jalan Kabupaten yang masuk kategori baik diperkirakan mencapai 1142,15 km. Sementara sekitar 144,7 km masuk kategori rusak, dan sepanjang 330 km tergolong jalan rusak berat. Pelanggaran tonase menjadi penyebab utama kerusakan jalan Kabupaten tersebut.

“Disisi lain, pemkab juga memikirkan sekitar 48 persen jalan desa yang masih makadam dan tanah. Untuk diketahui panjang jalan desa saat ini mencapai 6907 km,” imbuh Anwar.

Sementara itu, untuk memperlancar arus mudik, Binamarga juga menyiagakan 2 left truk selama 24 jam. Kendaraan khusus itu bakal dipakai untuk memperbaiki PJU (penerang jalan umum) milik Pemkab Malang. dua kendaraan itu menurut Anwar bakal dikonsentrasikan di protokol Lawang-Singosari dan protokol Malang-Kepanjen.

“Siaga 24 jam, tidak boleh ada PJU yang mati, karena ini berhubungan dengan keselamatan berlalu lintas selama mudik lebaran,” pungkasnya.(ary/eno(Ary Bagus Wicaksono/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s