SMPN 8 Menuju RSBI

LAILATUL ROSIDA/MALANG POST)

Kelas bilingual di SMPN 8 Malang. Tampak masing-masing siswa menggunakan laptop untuk belajar dalam kelas bilingual. (foto:LAILATUL ROSIDA/MALANG POST)

Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Drs Sugiharto memberikan apresiasi terhadap sekolah yang berinisiatif membuka Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) mandiri. Seperti halnya SMPN 8 Malang dan SMPN 3 Malang. Dua sekolah ini membuka kelas bilingual sebagai persiapan sekolah menuju RSBI.

“Idealnya memang seperti yang dilakukan SMPN 8 dan SMPN 3. Mereka siapkan dahulu fasilitas dan sarana baru kemudian mengusulkan RSBI. Sehingga mereka sudah sangat siap saat program dijalankan,” ungkapnya kepada Malang Post.

Pak Gik, panggilan akrab Sugiharto menuturkan, saat ini Disdik Kota Malang memang terus menggenjot sekolah-sekolah di Kota Malang untuk meningkatkan kualitasnya. Salah satunya melalui program bantuan Sekolah Standar Nasional (SSN). Setidaknya semua sekolah negeri diharapkan sudah SSN. Sehingga standar pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan standar nasional.

Dan jika dipandang mampu, maka statusnya bisa ditingkatkan menjadi RSBI. Menurutnya, Disdik terus mendorong sekolah yang memenuhi sarat untuk persiapan RSBI. Seperti di SMPN 8 dan SMPN 3 Malang. Di sana ada kelas bilingual yang melayani siswa seperti di kelas RSBI. Dimana beberapa mata pelajarannya diajarkan menggunakan dua bahasa. Selain itu semua siswa mendapatkan fasilitas yang lebih. Misalnya di SMPN 8 Malang, setiap siswa wajib memiliki laptop untuk masuk di kelas bilingual.
Sebab di kelas ini, siswa dituntut aktif menggali imformasi selain dari guru di kelas. Dan komunikasi dengan guru pun tidak hanya terbatas tatap muka di kelas, tapi bisa melalui fasilitas internet.

Pria berkacamata ini menegaskan, jika sekolah-sekolah sudah menyiapkan diri sebagai RSBI mandiri, maka jika ada peluang dari pusat, sekolah yang siap yang akan diajukan. Dan itu akan menjadi nilai plus bagi sekolah yang diajukan.

“Kalau mau SBI yang disiapkan utamanya adalah SDM dan juga pembelajarannya,” tegasnya. (oci/lim) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s