BLT Tahap II, Rp 400 Ribu/ Empat Bulan

Muhaimin/Malang Post)

(foto: Muhaimin/Malang Post)

Menjelang Idul Fitri, para warga miskin penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) bisa bernafas lega. Mereka akan menerima bantuan tahap kedua sebesar Rp Rp 400 ribu untuk empat bulan.

Pencairan dana BLT langsung didistribusikan di masing-masing kantor desa dan kelurahan oleh petugas Kantor Pos Batu bersama Kantor Badan KB Kesos. Penerima BLT yang sakit atau tidak mampu berjalan akan diantarkan ke rumahnya masing-masing.

“Pencaiaran tahap kedua sama seperti tahap pertama, dengan mendatangi langsung desa dan kelurahan untuk mempermudah masyarakat,” kata Kepala Kantor Pos Batu, Dwi Sudarsono kepada Malang Post, disela-sela pencairan BLT di Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo, kemarin.

Hanya saja, data penerima BLT hasil verifikasi tahap awal lalu masih belum diterima Kantor Pos. Akibatnya, 1000 lebih penerima BLT hasil verifikasi belum menerima pencairan dana BLT tahap pertama dan kedua. Dari informasi yang diterimanya, penerima BLT hasil verifikasi masih dalam tahap proses di Jakarta secara nasional.

Untuk memproses data itu tidak hanya dilakukan Kantor Pos, ada dua lembaga lainnya yang terlibat di dalamnya, Badan Pusat Statistik dan Departemen Sosial. Karena itu memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk memproses semuanya secara nasional.

“Kalau kartu BLT mereka hasil verifikasi sudah kami terima, mereka akan dapat menerima langsung tahap pertama dan kedua sebesar Rp 700 ribu,” ungkapnya.

Sesuai data BPS, penerima BLT di Kota Batu sebanyak 6005. Setelah kartu BLT turun tidak langsung dibagikan kepada penerimanya, tapi dilakukan verifikasi terlebih dahulu yang melibatkan aparat desa hingga RT dan RW setempat. Untuk memastikan mereka yang tertera dalam kartu BLT berhak untuk menerima dana kompensasi kenaikan BBM itu.

Hasilnya, ada 1000 lebih kartu yang dikembalikan dari verifikasi. Sebagai gantinya diajukan kembali kepada pengelola BLT ditingkat pusat. Jumlahnya tetap 6005 penerima BLT. “Tidak ada penambahan dana penerima BLT,” terangnya.

Meski sudah berlanjut pada pencaiaran tahap kedua, masih ada penerima BLT yang belum mencairkan dana bantuan tahap pertama. Jumlahnya mencapai 50 orang. Awalnya ada sekitar 240 orang dari tiga kecamatan yang belum mengambil. Pada tahap pertama dana BLT yang tercapai 78,52 persen dengan dana yang terserap mencapai 1,4 miliar lebih.

“Mereka yang belum mengambil dana bantuan BLT masih kami layani hingga Desember mendatang di kantor Pos Batu, baik tahap pertama maupun tahap kedua,” tandasnya. (aim) (Muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s