Jelang UN 2009, 750 Guru Segera Ikuti Diklat

Kabid Fungsional Tenaga Kependidikan Disdik Kota Malang, Dra Zubaidah

Kabid Fungsional Tenaga Kependidikan Disdik Kota Malang, Dra Zubaidah

Ujian Nasional (UN) 2009 memang masih jauh waktu pelaksanaannya. Namun Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang sudah memulai berbagai persiapan. Salah satunya melalui gelaran diklat bagi guru kelas tiga SMP dan SMA, serta guru kelas 6 SD. Ada 750 guru terdiri dari 350 guru SMP SMA dan SMK, serta 400 guru SD yang akan mengikuti diklat ini.

“Jadwalnya akan dilaksanakan sebelum lebaran nanti. Ini adalah agenda rutin setiap tahun untuk persiapan UN di Kota Malang,” ungkap Kabid Fungsional Tenaga Kependidikan Disdik Kota Malang Dra Zubaidah kepada Malang Post.

Diklat ini kata dia bertujuan untuk menyiapkan para guru mata pelajaran yang di UN kan agar mempersiapkan peserta didiknya dengan baik. Untuk itu, Disdik melibatkan perguruan tinggi yaitu Universitas Negeri Malang (UM) untuk melakukan pendampingan selama diklat ini.

Sementara itu Kasi Kurikulum Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Kota Malang Suyitno SH kepada Malang Post menuturkan yang terpenting dalam menyiapkan UN 2009 adalah penguasaan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Penguasaan SKL ini penting sebab jika siswa sudah faham SKL, maka dipastikan UN akan bisa dilalui dengan baik. SKL 2008 yang sudah dimiliki para guru hendaknya mulai ditransfer kepada siswa sejak dini. Evaluasi dan pemetaan terhadap potensi siswa lebih baik dilakukan sejak awal. Sehingga guru tahu, mana siswa yang memerlukan pembinaan lebih dan mana yang sudah mantap.

“Penguasaan SKL ini penting sekali, jika tidak guru tidak akan bisa mengatarkan anaknya sukses menghadapi UN. Apalagi standarnya juga akan dinaikkan,” ungkapnya.

Jika ada guru yang tidak faham SKL, Disdik siap memberikan fasilitas konsultasi. Begitupun dengan berbagai kendala yang mungkin dialami dalam membedah SKL. Karena itu guru dan kepala sekolah harus yakin untuk mulai membedah SKL ini sejak awal. Kalaupun saat ini SKL 2009 belum dibagikan, sekolah bisa menggunakan acuan SKL 2008.

Ia menjamin, jika SKL 2008 saja sudah mampu dikuasai, maka siswa akan lulus UN. Tapi jika ada yang tidak lulus, itu artinya SKL belum dikuasai dengan benar. “Yang tidak faham SKL, silahkan konsultasi ke Disdik,” tegasnya. (oci/eno) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s