Kucuran dana Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) akan kembali lancar

Lailatul Rosida/Malang Post)

Seorang siswa sedang menata buku laporan BKSM di kantor Dinas Pendidikan Kota Malang kemarin (foto: Lailatul Rosida/Malang Post)

Setelah dilantiknya wali kota Malang yang baru yaitu Drs Peni Suparto M.Ap, dipastikan kucuran dana Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) Kota Malang akan kembali lancar. Sebelumnya dana ini sempat tertunda beberapa bulan dikarenakan vakumnya posisi wali kota di Malang.

Menurut urusan SMA SMK Dinas Pendidikan Kota Malang, Agus Triono untuk penerima BKSM dari alokasi APBD II kini bisa memproses pencairannya lebih cepat. Apalagi sistem pelaporannya pun kini dibuat lebih sistematis setiap bulan.

“Semuanya dengan tujuan agar pelayanan lebih baik,” ungkapnya.

Dikatakannya, pada awal kesepakatan BKSM ini disepakati bahwa dana BKSM dicairkan setiap empat bulan dalam satu tahun. Untuk mempermudah, kini pengajuannya dialihkan menjadi setiap bulan. Hanya saja teknis pencairan ke sekolah tetap dalam waktu empat bulanan.

Agus menuturkan tahun ini, pihaknya juga mengambil kebijakan untuk mengalihkan beberapa sekolah yang sebelumnya menerima kucuran BKSM dari dana APBN ke dana APBD. Sebab untuk sekolah yang hanya menerima kuota sedikit, tidak efisien jika harus mencairkan dana ke propinsi. Karena untuk APBN, proses pencairannya dilakukan di propinsi.

“Sekolah yang hanya menerima kuota di bawah 10 siswa, tahun ini kami alihkan ke APBD. Supaya bantuan tidak habis hanya untuk transportasi saja,” ungkapnya.

Sementara itu kuota penerima Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) dari SMA negeri tahun ini jumlahnya berkurang. Beberapa sekolah hanya menyetorkan sedikit saja jumlah siswanya yang berhak mendapatkan bantuan. Pengurangan kuota di sekolah negeri ini akan dialihkan ke sekolah swasta ataupun SMK negeri yang banyak memiliki siswa miskin. Seperti SMKN 6 Malang yang ada di perbatasan dengan Pakis Kabupaten Malang, dan SMKN 10 di Tlogowaru. (oci/eno) (Lailatul Rosida/malangpost)

1 Komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya, Pendidikan

One response to “Kucuran dana Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) akan kembali lancar

  1. Okjohn

    SMKN 6 ingin ku kesana woowoo wooowoooooooo pergi menujunya~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s