Dam Lebakharjo Berfungsi

Para petani di Desa Lebakharjo Kecamatan Ampelgading segera bernafas lega. Pasalnya, sekitar 400 hektar baku sawah milik mereka bakal teraliri air sebagaimana mestinya karena dam Lebakharjo sudah beroperasi. Sejak Dam Lebakharjo hancur diterjang banjir empat tahun lalu, 400 baku sawah di daerah itu hanya bisa ditanami Palawija.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang Ir. Purwanto dihubungi Malang Post, kemarin. Menurut Purwanto, belum genap setahun dibangun, Dam Lebakharjo telah rusak diterjang bandang. Padahal, rencananya dam itu difungsikan sebagai tandon irigasi persawahan milik warga setempat.

“Karena rusak, saat itu warga kami himbau untuk menanam palawija, daripada tanahnya mangkrak,” ujarnya. Berdasarkan analisanya, jika berfungsi optimal setiap hektar baku sawah itu bisa menghasilkan lima ton padi. Karena keterbatasan anggaran, perbaikan dam tersebut baru bisa terlaksana dalam tahun ini. Itupun, kata Purwanto dengan memakai alokasi dana dari APBN.

“Diperbaiki dengan APBN, jumlahnya saya belum tahu persis,” imbuhnya. Terpisah, Wakil Bupati Malang Rendra Kresna membenarkan hal itu. Rencananya, Ketua DPD Golkar Kabupaten Malang itu bakal meninjau dam itu pekan depan. Rendra mengatakan, Dam itu dibangun empat tahun lalu dengan APBD senilai Rp 400 juta.

“Pastinya kalau dibangun dengan APBN anggarannya bisa dua kali lipat,” pungkas dia.
Dalam kesempatan itu Rendra mengatakan bahwa Kepala Dinas wajib membina hubungan baik dengan pihak Provinsi dan Pemerintah Pusat. Kata Rendra, daerah tidak perlu berlomba-lomba mengerjakan proyek itu sendiri. Yang paling penting, menurut Rendra pembangunan di Kabupaten Malang bisa tetap berjalan, siapapun yang mengerjakan tak menjadi masalah.(ary/eno) (Ary Bagus Wicaksono/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s