Sendang Biru: Potensi Bagus, Infrastruktur Jelek

Lautan Sendang Biru Desa Tambakrejo Kecamatan Sumber Manjing Wetan menyimpan potensi perikanan yang sangat besar. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Lautan Sendang Biru Desa Tambakrejo Kecamatan Sumber Manjing Wetan menyimpan potensi perikanan yang sangat besar. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Kawasan perkampungan nelayan Sendang Biru konon digadang-gadang sebagai pusat perikanan sejak puluhan tahun yang lalu. Hanya saja, keterbatasan dana menjadi kendala utama realisasi kawasan strategis tersebut. Sehingga hingga detik ini, mimpi membangun Sendang Biru baru terwujud pada Tempat Pendaratan Ikan Pondok Dadap.

Akses ke Sendang Biru Kecamatan Sumbermanjing Wetan memang tak mudah. Dari pusat pemerintahan Kabupaten Malang, wilayah itu adalah lokasi terjauh. Tentu saja ketimbang meluncur ke Ampelgading atau bepergian ke wilayah Donomulyo ataupun Kasembon. Maklum, infrastuktur jalan di ketiga kecamatan pembanding itu cukup memadai. Sedangkan menuju Sendang Biru, selain lebih sempit juga mempunyai lekak lekuk jalan yang lebih rumit.

Betapa tidak, jumlah tikungan menuju wilayah pantai nan eksotik itu bisa mencapai ratusan. Malah sebagian besar merupakan tikungan 180 derajat, terutama di jalan raya perbukitan diatas Desa Sitiarjo. Sebagai calon pelabuhan Nusantara, membangun Sendang Biru memang tak semudah membalik telapak tangan.

“Kalau disuruh memilih membangun akses jalan dari Sendang Biru ke Surabaya atau ke pulau Bali, saya pilih bangun ke Surabaya. Kenapa? karena ini demi pengembangan Jawa Timur,” tegas Kepala Badan Perencanaan Kabupaten Malang Nehruddin kepada Malang Post, kemarin.

Nehruddin menegaskan Sendang Biru telah dilirik sebagai pelabuhan besar sejak puluhan tahun yang lalu. Pembangunannya tak bisa disulap begitu saja, apalagi jika dana terbatas. Dia meyakinkan, pada tahun 2009 nanti, jalur menuju lokasi itu bakal diperlebar.

“Jalur mulai Turen utamanya perbukitan diatas Desa Sitiarjo bakal diperlebar tahun 2009 nanti. Seperti kata-kata investor dari Benoa Pulau Bali, saya yakin angin pasti berhembus ke Sendang Biru,” ungkap Neh.

Neh yakin, satu investor cold storage dari PT Bali Tuna Segar bakal menyedot investor yang lain, apalagi jika akses jalan diperbaiki. Pemerintah Kabupaten Malang dan Provinsi amat berkepentingan membangun pendaratan ikan yang berskala besar. Saat ini, posisi sebagai pelabuhan nusantara tengah dipertaruhkan dengan pelabuhan di Pacitan.

“Namun posisi Sendang Biru lebih menguntungkan dengan keberadaan pulau Sempu, di Pacitan benturan ombak lebih kencang. Tapi perlu perencanaan yang matang untuk membangun kawasan itu terlebih penataan industri dan perumahan-perumahan tanpa merusak hutan milik Perhutani,” urai Neh.

Dari sisi produksi ikan setiap tahun, TPI Pondok Dadap mengkoleksi angka diatas 5000 ton. Artinya angka tersebut bakal bertambah jika pendaratan ikan skala besar terealisasi. Sementara ini kawasan tersebut tercatat dihuni sebanyak 300 KK, dengan jumlah perahu lebih dari 500 buah.(bagus ary wicaksono/eno) (Ary Bagus Wicaksono/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang, Malang Raya, Pariwisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s