BLT Susulan Lancar dan Tanpa Antre

Pencairan BLT susulan belangsung tertib (FIONNA MEDIONY/MALANG POST)

Pencairan BLT susulan belangsung tertib (FIONNA MEDIONY/MALANG POST)

Suasana pencairan bantuan langsung tunai (BLT) susulan hari pertama kemarin tampak berbeda. Selain dipusatkan di Kantor Pos Besar Malang, dalam pencairan kali ini tidak terlihat adanya antrean sejak pagi hari hingga loket ditutup pukul 14.00 WIB.

Hari pertama kemarin, warga yang mendapatkan kesempatan lebih dahulu ialah warga Kecamatan Klojen. Namun dari 550 KKB, hanya sekitar 300an yang mencairkan BLTnya. Wakil Ketua Satgas BLT Kota Malang, Asro Efendi mengatakan, ini juga di luar kebiasaan karena umumnya pembagian BLT langsung diserbu penerima pada waktunya. “Mungkin mereka lebih memilih mencairkan nanti. Karena memang waktu yang diberikan hingga akhir Desember 2008,” terang Asro.

Penerima kartu BLT susulan datang dalam kelompok kecil untuk menukarkan kartunya dengan uang kompensasi BBM senilai Rp 100.000 per bulannya dengan jumlah total Rp 700.000 per keluarga miskin. Keluarga yang datang pun tidak sempat duduk pada puluhan kursi plastik biru yang telah disiapkan di halaman belakang Kantor Pos Besar. Semua langsung masuk dan menukarkan kartunya dan meninggalkan area.

Salah satu petugas yang ditemui Malang Post mengungkapkan, kemungkinan sepinya suasana BLT kali ini karena jumlahnya yang sedikit. “Ini kan hanya susulan. Jumlahnya jauh lebih sedikit dari BLT tahap pertama,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, BLT susulan kali ini diberikan pada 3878 keluarga miskin. Jumlah ini terbagi untuk warga di lima kecamatan di antaranya Kecamatan Sukun 1329 warga, Kecamatan Blimbing 517 warga, Kecamatan Klojen 550 warga, Kecamatan Kedung Kandang 893 warga, dan Kecamatan Lowokwaru 589 warga.

Hari ini, pencairan BLT akan kembali dilanjutkan untuk warga Blimbing. Kemudian Sabtu untuk Lowokwaru, Senin untuk warga Kedung Kandang dan Selasa untuk warga Sukun. “Bagi mereka yang belum mencairkan, bisa tetap datang ke Kantor Pos Besar karena kami tetap menyediakan loket khusus. Termasuk untuk pengambilan diluar jadwal yang ditentukan hingga Selasa nanti,” pungkasnya. (fio/lim) (Fionna Mediony/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s