Kiriman Uang dari Luar Negeri Meningkat Pesat

Pengiriman uang dari luar negeri ke Malang meroket pada momen menjelang Hari Raya Idul Fitri, September lalu. Pada bulan September saja pengiriman uanga melalui Kantor Pos Besar Malang mencapai angka Rp 17.939.051.400. Nilai ini merupakan akumulasi dari sejumlah 8.226 aktivitas pengiriman.

Bagian Keuangan dan Keagenan (kuggen) Kantor Pos Besar Malang, Bambang Triatmaja, mengatakan dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Agustus, memang terjadi peningkatan yang cukup tinggi. “Untuk bulan Agustus, nilai total pengiriman uang dari luar negeri mencapai Rp 13.689.255.612 dengan 6.561 aktivitas pengiriman,” ujarnya kepada Malang Post.

Sementara, untuk pengiriman uang dari dalam negeri melalui kantor pos ini pada bulan September, lanjut Bambang, jumlahnya mencapai Rp 13.644.604.220 dengan sebanyak 11.421 aktivitas pengiriman. “Sedangkan untuk bulan sebelumnya, mencapai Rp 10.241.721.735 dengan 14.383 aktivitas pengiriman,” imbuhnya.

Sebagian besar pengiriman uang dari luar negeri, lanjut Bambang, berasal dari TKW dan TKI. “Sebagian besar berasal dari TKI dan TKW. Pengirimannya melalui jasa Western Union. Sekarang ini pengiriman uang dari luar negeri memang lebih mudah” tutur Bambang lagi.

Penerima uang, lanjutnya, cukup membawa kartu identitas diri untuk mencairkan uang di Kantor Pos. “Hari ini dikirim, hari ini juga uang bisa diambil. Asalkan penerima memegang PIN dan membawa identitas diri, uang sudah bisa diterimakan. Tidak perlu punya nomor rekening dan lain-lainnya,” cetusnya.

Untuk diketahui, layanan di Kantor Pos kini relatif bervariasi dan lebih mudah. Contohnya, wesel pos instan. Fasilitas pengiriman uang ini seperti transfer antar nomor rekening saja. “Bahkan, lima menit uang yang dikirimkan bisa sampai ke penerima,” kata Bambang mengakhiri. (sin/han)
(Sinyo Suwignyo/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s