UNPK Tahap II Digelar Nopember

Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang sudah merampungkan nominasi peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) tahap II yang rencananya akan digelar November mendatang.

Peserta yang dipastikan akan mengikuti ujian ini antara lain Paket A 25 warga belajar, Paket B 64 warga belajar, dan paket C IPA 196 Warga Belajar dan IPA 10 warga Belajar.

Menurut Kepala Seksi PLS Disdik Kota Malang Dra Atimah, diantara para peserta UNPK ada peserta yang tidak lulus pada pelaksanaan UNPK tahap pertama. Namun mereka bisa mengikuti kembali ujian tahap ke dua dengan sistem kompensasi nilai.

“Nilai UNPK tahap satu dan dua akan digabungkan untuk penentuan kelulusannya. Nilai mana yang lebih bagus itu yang akan dipergunakan untuk penilaian,” ungkapnya.

Wanita ramah ini menuturkan siswa yang pada tahap pertama gagal di satu mata pelajaran saja, tetap harus mengulang semua mata ujian. Jika kegagalan kembali terulang pada mata pelajaran sebelumnya, maka peserta tetap dianjurkan mengulang pada ujian berikutnya. Tapi jika mata ujian itu bisa diraih dengan nilai bagus, sementara ada mata pelajaran lain yang ia gagal, maka ia dianggap lulus karena pada ujian sebelumnya pada mata pelajaran itu ia lulus.

“Jadinya sistemnya penilaian silang. Kalau ada yang gagal sekarang A, sementara tahun lalu B, maka nilai tahun lalu untuk A yang gagal yang diambil. Sementara nilai B diambilkan pada perolehan tahun sekarang yang berhasil,” tuturnya.

Sementara itu jadwal pelaksanaan UNPK juga sudah disiapkan. Untuk paket A dimulai pada 18-20 November, sama dengan jadwal untuk paket B. Sementara untuk Paket C IPA dan IPA dilaksanakan pada 11-14 November. Untuk Paket A, ada lima mata pelajaran yang diujikan yaitu Pendidikan Kewarganeraan, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Matematika. Paket B ada enam mapel ditambah mapel Bahasa Inggris, dan Paket C ada tujuh mapel. Untuk IPA yaitu Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, Fisika dan Matematika. Untuk IPS Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Sosiologi, Geografi, Bahasa Indonesia, Ekonomi dan Matematika.

Sementara itu, hingga kemarin Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan masih saja menumpuk di kantor Disdik Kota Malang. Padahal SKHUN ini sudah lama dikeluarkan, dan siap dipergunakan sebagai tanda bukti lulus bagi siswa.(oci/eno) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s