Kepala SMPN 5 Studi Banding ke Cina

Kepala SMPN 5 Malang, Drs Hadi Hadiyanto,M.Pd pada 30 Oktober mendatang akan melakukan studi banding ke Cina. Keberangkatan Hadi bukanlah satu-satunya, namun ia termasuk dalam rombongan studi banding kepala sekolah se Jawa Timur yang membuka program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

Kepada Malang Post, Hadi yang ditemui di kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang kemarin menuturkan, tujuan studi banding itu untuk belajar mengenai leadership atau kepemimpinan di sebuah sekolah model di Cina.

“Di Cina ada sekolah model yang akan kami tuju. Namanya belum tahu apa, yang jelas sekolah itu terdiri dari TK hingga Perguruan Tinggi (PT). Istimewanya, yang memanage adalah satu orang kepala sekolah. Dan kami akan belajar kepadanya, bagaimana bisa memanage begitu banyak lembaga dan bisa menjadikan lembaga itu besar,” ungkapnya.

Mantan Kepala SMPN 4 dan SMPN 18 Malang ini menuturkan, ada 28 kepala sekolah seluruh Jawa Timur yang berangkat. Di Malang, hanya dirinya yang menjadi wakil. Untuk pelatihan tersebut, biaya bukan dari sekolah, melainkan dari Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik Tenaga Kependidikan (PMPTK).

Hadi menuturkan, Cina dipilih sebagai lokasi studi banding, karena negara ini dianggap memiliki budaya yang tidak jauh beda dengan Indonesia. Karena itu, jika sistem yang diterapkan di sana diterapkan pula di Indonesia, hasilnya bisa lebih maksimal. Apalagi, SMPN 5 Malang pada empat tahun ke depan ditargetkan sudah menjadi SBI dan tidak lagi rintisan. Artinya semua kelas sudah SBI.

Karena itu, perlu dikembangkan model-model pembelajaran yang lebih bagus dan berstandar internasional. “Di sekolah kami untuk siswa RSBI sudah mulai diterapkan sistem locker. Jadi semua siswa memiliki locker sendiri untuk keamanan mereka. Sebab mereka semua membawa lap top, jadi perlu diamankan saat kegiatan di luar, misalnya olahraga atau jam istirahat,” tuturnya. (oci/udi)
(Lailatul Rosida/malangpost)

2 Komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya, Pendidikan

2 responses to “Kepala SMPN 5 Studi Banding ke Cina

  1. numpang copas berita di atas ke website SMPN 5 Malang

    terima kasih

  2. wah, enak tuh, bisa ke Cina sambil jalan – jalan, jangan lupa pak, bawa oleh – oleh. OK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s