BLT Susulan Belum Banyak Diketahui

Setelah menunggu lama, penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) susulan hasil verifikasi BLT tahun 2008 lalu, mulai Jumat kemarin sudah dapat dicairkan di kantor Pos Batu. Jumlah penerima BLT susulan hasil verifikasi sebanyak 1209 orang.

Berbeda dengan pencairan BLT sebelumnya, penerima BLT susulan harus mengambil dana BLT langsung di kantor Pos Batu di Jalan Panglima Sudirman. Kantor Pos Batu telah mengeluarkan jadwal pencairan susulan. Jumat lalu untuk penerima BLT susulan dari Kecamatan Batu, Sabtu (11/10) untuk Kecamatan Junrejo dan Senin besok, untuk Kecamatan Bumiaji.

“Jumlah penerima dari masing-masing desa dan kelurahan tidak sebanyak pencairan BLT sebelumnya. Jadi, pencairan BLT susulan langsung dapat diambil di kantor Pos Batu. Sekaligus agar masyatakat juga mengetahui kantor Pos Batu,” kata Kepala Kantor Pos Batu, Dwi Sudarsono kepada Malang Post, kemarin.

Penerima BLT susulan diusulkan setelah dilakukan verifikasi penerima BLT sebelumnya. Mereka yang dianggap tidak lagi berhak menerima BLT karena sudah meninggal dunia atau pindah tempat tinggal atau juga sudah dianggap mampu. Mereka diganti dengan nama usulan baru yang belum masuk dalam daftar penerima BLT, tapi berhak untuk menerima BLT.

Penerima BLT susulan langsung menerima dana bantuan sebesar Rp 700 ribu. Tidak seperti penerima BLT sebelumnya yang mencairkan dana BLT sebesar Rp 700 ribu dalam dua tahap, tahap pertama Rp 300 ribu dan tahap kedua Rp 400 ribu.

“Penerima BLT susulan menerima sama dengan penerima BLT sebelumnya. Karena kartunya baru turun sekarang, pencairan dana bantuannya langsung untuk dua tahap sebesar Rp 700 ribu,” ungkapnya.
Meski kartu BLT susulan sudah dapat dicairkan, masih banyak penerima BLT yang belum mengambilnya di kantor Pos. Seperti yang terjadi kemarin, untuk pencairan BLT penerima di Kecamatan Junrejo dari 323 penerima BLT susulan, hanya tujuh orang saja yang sudah mengambil di kantor Pos. Kecamatan Batu dari 516 penerima BLT, baru 465 penerima yang mengambil uangnya. Penerima Kecamatan Bumiaji baru akan mengambil dananya pada Senin, besok.

Kemungkinan besar masih banyak penerima BLT yang belum mengetahui jadwal pencairan dana BLT, meski kantor Pos telah mengeluarkan jadwal pencaiaran dana BLR susulan itu. Pada pencairan BLT tahap pertama dan kedua lalu, juga masih ada sekitar 110 penerima yang belum mengambil dana BLT.
“Pencairan dana BLT susulan dan BLT sebelumnya dapat dicairkan hingga Desember mendatang. Masih banyak waktu untuk dapat mengambil dana bantuannya di kantor Pos,” tandasnya. (aim/jon)

BLT Susulan Kota Batu
Kecamatan Jumlah Realisasi
Batu 516 465
Junrejo 323 7
Bumiaji 370 0
Total 1.209 472

(muhaimin)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s