Gus Mus Beri Tausyiah di UIN

Gus Mus seusai memberi ceramah Halal bi Hilal di UIN Malang beramah tamah dengan karyawan dan dosen UIN Malang. (Lailatul Rosida/Malang Post)

Gus Mus seusai memberi ceramah Halal bi Hilal di UIN Malang beramah tamah dengan karyawan dan dosen UIN Malang. (Lailatul Rosida/Malang Post)

KH Achmad Mustofa Bisri, yang akrab dipanggil Gus Mus Sabtu (11/10) memberikan tausyiah dalam acara Halal bi Halal keluarga besar Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Dalam ceramahnya, Rais Syuriah PBNU ini mengingatkan bahwa perguruan tinggi bisa menyumbangkan peranannya untuk kemajuan bangsa.

“Perguruan tinggi seperti UIN Malang bisa menjadi contoh dan teladan. Kalau sebelumnya lembaga seperti IAIN dianggap remeh, maka dengan tampilnya UIN Malang lembaga ini bisa terangkat martabatnya,” ungkapnya.

Gus Mus juga mengingatkan betapa besarnya peranan umat Islam. Sebab umat Islam adalah umat yang mayoritas di negeri ini, sehingga jika terjadi keterpurukan, maka yang bertanggung jawab adalah umat Islam. “Kalau bangsa ini terpuruk, umat Islam yang paling bertanggung jawab. Kalau Indonesia bagus, umat Islam yang harus bersyukur. Karena fakta membuktikan bahwa umat Islam adalah mayoritas,” ungkapnya di hadapan ribuan karyawan dan dosen UIN Malang itu.

Pimpinan Pondok Pesantren Raudhatul Thalibien Rembang ini menuturkan, saat ini banyak orang yang tidak ikhlas. Dalam bergaul, berzakat tidak ikhlas. Ikhlas dan merasa bersalah, itu yang sekarang sangat lux dan sulit dijumpai. Entah karena apa, sehingga tidak mau meminta ampun kepada Allah. Dan inilah, salah satu kemenangan setan karena sudah mampu merasuki hati manusia agar merasa tidak bersalah dan tidak ikhlas. Akibatnya kepada bangsa ini adalah Indonesia tidak memiliki citra dan kepercayaan.

“Allah itu mempunyai hobi mengampuni hambanya, sayangnya setan sudah berhasil merasuki hati manusia untuk tidak pernah merasa bersalah. Padahal lembaga pengampunan Allah itu luar biasa banyaknya,” tutur kiai yang juga gemar melukis dan menulis ini. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s