Mendiknas Belum Bisa Memastikan, Jadwal UN 2009 Mengambang

Mendiknas saat hadir di Unikan untuk melakukan sosialisasi, kemarin (nurdiansah / malang post)

Mendiknas saat hadir di Unikan untuk melakukan sosialisasi, kemarin (nurdiansah / malang post)

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo belum bisa memberikan kepastian soal jadwal ujian nasional (UN) 2009. Apakah pelaksanaan pemilihan presiden (pilpres) atau pemilihan legislatif (pileg) akan berdampak pada dimajukannya jadwal UN, menurutnya masih harus dirapatkan dulu.
‘’Belum.. masih harus dirapatkan dulu,’’ ungkapnya singkat kepada Malang Post ditemui di Universitas Kanjuruhan (Unikan) Malang kemarin.

Mendiknas kemarin hadir di Malang untuk memberikan sosialiasi mengenai pendidikan nasional kepada sejumlah guru dan juga mahasiswa yang menempuh pendidikan calon guru.

Sayangnya, mantan menteri keuangan ini pun enggan berkomentar lebih jauh dan memberikan keterangan lengkap kepada wartawan soal kabar yang menyebutkan bahwa jadwal UN maju, dari yang biasanya Mei menjadi Februari. Sebab berkaca pada lima tahun sebelumnya, pelaksanaan Pilpres membuat jadwal UN pun dimajukan menjadi April.

Begitupun saat ditanya mengenai grade kelulusan UN 2009. Ia dengan singkat menjawab masih akan dibahas bersama di Jakarta. Padahal saat meresmikan gedung Teaching Factory di Malang beberapa waktu lalu, dengan tegas ia mengungkapkan bahwa standar kelulusan UN harus naik. Dari 5,25 menjadi 5,5.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur H Rasiyo yang kemarin tampak mendampingi Mendiknas juga menegaskan bahwa belum ada pemberitahuan resmi soal jadwal UN ini. Hanya saja, penjadwalan UN sudah diatur sebelumnya sesuai dengan ketuntasan materi untuk siswa kelas tiga.
Senada dengan Rasiyo, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Dr HM Shofwan SH MSi menuturkan hingga saat ini pihaknya belum menerima pemberitahuan hitam di atas putih soal jadwal UN ini.

Walaupun kalau jadwal benar-benar maju, sekolah sudah harus menyiapkan siswa dengan sebaiknya. ‘’Sekolah harus menyusun strategi kalau memang jadwal UN maju, saya rasa tidak akan ada masalah,’’ ungkapnya.

Sementara itu kunjungan Mendiknas di Unikan kemarin cukup memuaskan bagi para guru. Meski diguyur hujan, tapi dengan penuh antusias para guru mendengarkan paparan sang menteri.

Paparan yang disampaikan terkait reformasi pendidikan yang sudah dilakukannya sejak tahun 1999. Dimulai dengan diberlakukannya amandemen UUD, yang dampaknya pada peningkatan alokasi APBN hingga 20 persen di pemerintahan untuk bidang pendidikan. Sehingga pada APBN 2009 nanti, dianggarkan sebesar Rp 224 T untuk bidang pendidikan. Yang separuhnya diperuntukkan untuk kesejahteraan guru.

Kemudian diikuti dengan dilahirkannya UU guru dan dosen yang telah membalik sejarah bahwa guru di Indonesia menjadi profesi yang sangat diminati saat ini. Sebab dijanjikan presiden SBY, bahwa minimal gaji guru golongan IIB sebesar Rp 2 juta.

‘’Kebijakan ini berdampak juga pada perguruan tinggi yang berstatus PGRI. Dimana-mana PGRI laris, dan mereka akhirnya bisa mengubah kampusnya menjadi lebih cantik. Karena mahasiswanya semakin banyak,’’ tuturnya.

Dalam kesempatan itu ia juga berpesan kepada para guru yang sudah disertifikasi agar menjadi guru yang profesional. Karena profesi guru sudah setara dengan dokter, pengacara atau akuntan.
‘’UU Guru menempatkan guru sebagai kelas sosial yang istimewa di berbagai lapisan dan dicintai oleh masyarakat,’’ tuturnya. (oci/avi) (Lailatul Rosida/malangpost)

12 Komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Malang Raya, Pendidikan

12 responses to “Mendiknas Belum Bisa Memastikan, Jadwal UN 2009 Mengambang

  1. Pasti na gimana?

    Terima kasih

  2. kapan donk k’pastian’x?

  3. woi pak bambang.. dan jajarannya…
    jangan nyusain para pelajar donk,, buat kita bingung neh..
    mau maju gak bangasa ini?!
    cepet kasi tau kepastiannya donk,kpnnya..
    ..
    eh gmn ya klu mentri pendidikan dn stafnya ngerjain soal2 uan??!! lulus gk ya?!
    tp sy gk yakin ditanya butanan/metana/akana/alkuna/alkena juga kayaknya mreka gak tau..bener gk??!

  4. sebaiknya UAN dilaksanakan jangan terlalu cepat. kenapa sih pemilihan presiden harus berdampak pada perubahan jadwal UAN.????????

  5. seTresssss!!!

    kata nyah jumlah mata plajaran program IPA jd 4:
    B ind
    Mat
    B.ing
    IPA

    Benerr gGGa TTuuuuuu?????
    Tapi bagus d kalo gittu. .

    Emangnya pemerintah gga punya anak yang masih sekolah ya .
    kan kasian otaknya JEBOL alias bolong .!!!

  6. irsyaad

    ktnya ada pelajaran IPS di UN bener gak tuch??????? saya Jd sterezzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  7. Ping-balik: UN « Holyknightz’s Weblog

  8. Tiya

    Duh yang bener atuh jangan bikin kita pusing. .
    dah tau masih ada beberapa SMK yang masih praktek kerja lapangan tapi jadwal UN belum bener. .
    Lier urang mah. .

  9. Ndika

    Pak Bambang UN kapan nich koq bingungin siswa&guru???

    Jangan ngajari siswa-siswa gak tegas donx…

  10. Ping-balik: Bank Soal Ujian Nasional » Blog Archive » Mendiknas Belum Bisa Memastikan, Jadwal UN 2009 Mengambang

  11. UN kaga jelas !
    PILPRES aje di pentingin,duit buat pilpres ngalirnye kenceng,,pd mikirin kekuasaan smua !
    Pelajar yg akan mmbawa masa dpn bangsa ni di nmr 2 kan..
    Udah pelajarannye susah2,ga da kpastian,nilai standar naek,eh pd mikirin jd presiden ja..
    “..KEPASTIANLAH YG QU TUNGGU..”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s