Lonjakan Voice Lampaui SMS

Dua operator seluler besar menyatakan lonjakan lalu lintas komunikasi suara melampaui lonjakan lalu lintas pengiriman pesan SMS (short message service) selama H-1, hari-H dan H+1 Lebaran tahun ini. Pola komunikasi Lebaran tahun ini, seperti diduga banyak pihak berubah, dari pola tahun-tahun sebelumnya.

Adita Irawati, Head of Public Relations PT Indosat Tbk, menuturkan pada hari-hari tersebut telah terjadi lonjakan trafik suara dan SMS yang cukup signifikan. “Kinerja jaringan saat musim mudik Lebaran tahun ini sudah sesuai persiapan,” ujarnya, kemarin. Menurut dia, trafik percakapan atau suara selama H-2 hingga H+2 menunjukkan kenaikan rata-rata sekitar 112,6 persen dibandingkan dengan trafik suara pada hari biasa di pertengahan September 2008.

Adapun untuk trafik SMS, kenaikan baru terjadi pada H-1 hingga hari-H, di mana masing-masing naik 38,5 persen dan 38 persen dibandingkan dengan trafik SMS pada hari biasa-khususnya pada pertengahan September 2008-dengan trafik sebesar 314 juta SMS dan 312 juta SMS.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan musim Lebaran tahun lalu, secara keseluruhan trafik SMS mengalami kenaikan lebih dari 50 persen. Myra Junor, General Manager Corporate Communications XL, mengatakan dalam dua tahun belakangan ini lonjakan trafik panggilan atau suara lebih tinggi daripada lonjakan trafik SMS. Kondisi ini berbeda dibandingkan dengan pola pada tahun-tahun sebelumnya.

“Pelanggan kami ternyata lebih banyak menelepon sehingga terjadi peningkatan trafik yang tinggi,” katanya. Adapun lonjakan trafik panggilan tertinggi adalah 149 persen atau mencapai 870 juta panggilan pada saat Idul Fitri. Sebagai perbandingan, lanjut Myra, lonjakan trafik suara tahun lalu mencapai hampir 350 juta panggilan.

Pada H-1 Lebaran kali ini peningkatan trafik panggilan mencapai 143 persen atau sekitar 850 juta panggilan. Sementara itu, lonjakan trafik SMS mencapai 100 juta pada H-1 dan pada hari-H telah mencapai lebih dari 100 juta atau melonjak 6 persen lebih tinggi dari H-1 tahun lalu. Trafik SMS XL di hari-hari normal pada jam sibuk mencapai 60 juta per hari. Sementara trafik panggilan keluar rata-rata adalah 380 juta per hari.

Secara umum, wilayah kantong mudik yang mengalami kenaikan trafik suara tertinggi selama musim mudik berturut-turut adalah Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Adapun untuk trafik SMS, wilayah kantong mudik yang mengalami kenaikan tertinggi berturut-turut adalah Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. (JPNN/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s