Pemkab Berencana Bangun 60 PLTS

Pemerintah Kabupaten Malang berencana membangun 60 unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2008 sebesar Rp 450 Juta. Pembangunan PLTS ditujukan bagi 24 dusun di lima desa yang belum mendapat aliran listrik. Dusun-dusun ini dihuni sekitar 1.300 keluarga.

Wakil Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan pembangunan PLTS dilakukan mengingat ketidakmampuan Perusahaan Listrik Negara menyediakan jaringan listrik ke dusun-dusun yang terpencil.
“PLN sekarang kan malah rajin melakukan pemadaman listrik bergilir. Tapi PLN tak bisa disalahkan juga karena secara geografis dusun-dusun itu memang tak mungkin mendapat listrik,” kata Rendra Kresna.

Dusun Tambakrejo di Desa Beringin dan Jangkung di Desa Dadapan, Kecamatan Wajak, masing-masing mendapat jatah 10 unit PLTS. Dusun Pekasan di Desa Sumberpengok, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, dijatah 10 unit PLTS. Dusun Banjarsari di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, kebagian 20 unit PLTS. Sepuluh unit PLTS lagi diberikan pada Dusun dan Desa Borosumbersari, Kecamatan Karangploso.

Selain dari APBD, kata Rendra, pihaknya juga akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat lewat Dinas Sumber Energi dan Sumber Daya Mineral. Nilai bantuan belum diketahui, tapi bantuan ini direncanakan untuk membangun 70 unit PLTS baru.

Kepala Dinas ESDM Didik Budi Mulyanto menambahkan, pada 2007 pihaknya telah membebaskan dua dusun dari 26 dusun yang belum teraliri listrik. Posisi geografis dusun-dusun itu yang belum terjangkau transportasi atau biaya pembuatan jaringan listrik ke lokasi tak sepadan dengan hasil yang diterima PLN.(eno/*) (Redaksi/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s