Respon Masyarakat Terhadap DCS Minim

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menetapkan pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) pemilihan legislative (Pileg) DPRD Jatim, 14 Oktober kemarin. Tetapi, meski molor respon masyarakat terhadap DCS masih tetap minim. ‘’Sampai kemarin, belum ada masyarakat yang merespon atau menyanggah latar belakang calon wakilnya di kursi dewan. Mungkin, karena suasana masih Lebaran,’’ kata Arief Budiman, anggota KPU Jatim di kantornya Jl. Tanggulangin, kemarin.

Sampai sejauh ini, Arief belum bisa menggambarkan, apa saja penyebab kecilnya respon masyarakat atas DCS yang sudah ada. Di KPU. Padahal, secara terbuka, KPU telah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memenuhi haknya tersebut.

Menurutnya, jika dalam masa perpanjangan sampai 14 Oktober ternyata tidak ada respon masyarakat, maka tidak ada jalan lain KPU Jatim akan mengubah DCS menjadi Daftar Calon Tetap (DCT). Penetapan itu didasarkan atas keputusan yang diberikan KPU Pusat.

‘’Jika masyarakat ingin merespon calon legislatif dapat langsung menghubungi KPU di Jl Tanggulangin Surabaya, atau melalui Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jatim,’’ ujarnya berharap.

Disebutan Arief, laporan masyarakat mengenai latar belakang Caleg akan diklarifikasi dan diverifikasi ke parpol terkait. Tetapi, kendati pengumuman DCS diperpanjang, bukan berarti pengumuman DCT juga diundurkan. KPU tetap mengumumkan DCT pada 31 Oktober 2008 mendatang.

Secara terpisah, Ketua Panwaslu Jatim Sri Sugeng Pudjiatmoko menyebutkan, sepinya respon dan sanggahan dari masyarakat disebabkan pengumuman yang dilakukan KPU tidak seperti diamanatkan UU Nomor 10 Tahun 2003. ‘’Seharusnya, sesuai salah satu pasal UU No. 10 menyebutkan pengumuman DCS sekurang-kurangnya diumumkan selama lima hari di media massa. Itu pun disertai dengan foto calon bersangkutan,’’ tandasnya.

Dari Panwas Jatim, lanjut Sugeng, hanya menerima satu laporan caleg DPRD Trenggalek atas nama Ida Yuliana. Ida dicoret dari caleg Kabupaten Trenggalek karena tidak mempunyai ijazah. ‘’Tetapi, menurut parpol asalnya, yakni Partai Republika Nusantara (Republikan) berkas itu sudah ada. Kemarin parpolnya menyampaikan lewat faksimili, dan kami akan meneruskan ke KPU,’’ ujarnya.

Dari data DCS Pileg 2009 yang dikeluarkan KPU Jatim, sebanyak 1.699 Caleg dari 34 Parpol peserta Pemilu menyatakan siap maju menjadi calon anggota DPRD Jatim. Dari jumlah itu, sebanyak 555 Caleg atau 32,67 persen adalah calon perempuan. Sisanya, sebanyak 1.144 calon atau 67,33 persen adalah calon laki-laki. (has/udi) (Hary Santoso/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s