Industri Rokok Serap 20 Persen Tenaga Kerja

Pertumbuhan industri rokok di Kabupaten Malang cukup menggembirakan. Tahun ini tercatat penyerapan tenaga kerja sektor itu meningkat hingga 20 persen. Dibandingkan sektor lain, industri rokok masih mendominasi penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Malang Djaka Ritamtama mengatakan sejak tiga tahun terakhir, penyerapan tenaga kerja meningkat sekitar 15 hingga 20 persen. Malah ke depan, dia memprediksi sektor tersebut mampu meningkatkan jumlah tenaga kerja hingga 25 persen. Pihaknya mencatat jumlah tenaga kerja di Kabupaten Malang mencapai 58.632 orang.

“Terdiri dari 31.046 tenaga kerja laki-laki dan 27.431 tenaga kerja perempuan,” katanya.
Industri rokok cukup menjanjikan karena dinilai kesejahteraannya sudah cukup layak. Djaka membagi dua jenis pekerja dilihat dari tingkat kesejahteraan dan UMK (Upah Minimum Kabupaten). Yakni pekerja industri rokok harian dan pekerja industri rokok borongan.

“Muncul wacana, industri itu mampu meminimalkan pengiriman TKI ke luar negeri. Hal itu terjadi ketika pabrik rokok membangun pabrik-pabrik baru di Kabupaten Malang, seperti Bentoel misalnya,” urai Djaka.
Namun demikian, faktanya Kabupaten Malang masih menjadi pengimpor TKI terbesar di Jawa Timur. Disnaker mencatat jumlah TKI yang dikirim ke luar negeri setiap bulan mencapai 300 orang. Hingga September lalu, remiten atau kiriman uang para TKI itu mencapai Rp 70 Miliar.

“Meski penyerapan indsustri rokok cukup besar, menjadi buruh migran masih sangat diminati, sehingga sektor rokok tak bisa terlalu diandalkan,” pungkasnya.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s