Transaksi Berjangka Tak Terpengaruh US Dollar

Bisnis transaksi berjangka tidak terpengaruh dengan fluktuasi Dollar Amerika (USD) terhadap berbagai mata uang di dunia. Sebab, investasi melalui bisnis transaksi berjangka ini bisa mengambil keuntungan di saat USD naik atau turun. Demikian diungkapkan Wakil Pialang di PT. Victory International Futures, Imam B. Muslim kepada Malang Post.

Menurut Imam, sejak kemarin secara daily, USD memang terkoreksi terhadap banyak mata uang di dunia. Semua mata uang di dunia sudah mulai menguat terhadap USD. “Hari ini, daily, USD memang terkoreksi terhadap hampir semua mata uang dunia. Contohnya, terhadap Poundsterling terkoreksi kurang lebih 200 sampai 300 poin,” ujarnya.

Lebih lanjut, Imam mengatakan, efek secara langsung pada bisnis transaksi berjangka tidak terlalu dirasakan. “Hanya, mungkin ada perasaan traumatis investor. Selain itu, investor pada menarik dananya di bursa untuk dialihkan ke simpanan di bank karena bunga tinggi,” katanya.

Meski demikian, gonjang-ganjing bursa saham kemarin sempat berakibat bertambahnya nasabah di PT. Victory International Futures. “Nasabah tersebut mengaku baru menarik menjual sahamnya sebelum adanya penutupan dan mengalihkan dananya untuk ditanamkan di bisnis berjangka,” akunya.

Imam mengungkapkan, ada beberapa jenis bisnis dalam bisnis berjangka. Di antara perdagangan komoditas seperti emas, nikel, batubara, kelapa sawit dan lain-lain serta perdagangan mata uang atau currency. Namun, yang berkembang dan lebih digemari investor sekarang ini adalah perdagangan mata uang.

“Bisnis berjangka bisa disebut bisnis spekulasi karena memperdagangkan mata uang yang nilainya bisa naik dan turun. Tetapi, sebenarnya adalam bisnis ini ada semacam two way opportunities. Nasabah bisa mengambil keuntungan bahkan pada posisi nilai mata uang naik atau turun. Ini bedanya dengan bisnis pasar modal atau saham,” katanya. (sin/han) (Sinyo Suwignyo/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s