Program Kambing Etawa Bermasalah

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Malang Agus Bintoro mengungkapkan, program pemberian kambing etawa kepada peternak untuk meningkatkan nilai ekonomi warga di beberapa Kecamatan di Kabupaten Malang dikeluhkan. Pasalnya, antara plafon yang dijanjikan dengan wujud kambing tidak sepadan.

“Saya mendapat laporan dari beberapa warga yang sudah menerimanya. Menurut mereka plafon yang dijanjikan untuk seekor kambing Rp 1.1 Juta per ekor. Nyatanya, kambing yang diterima ukurannya kecil dan jika ditaksir harganya tidak sampai Rp 1 Juta,” beber Agus kepada Malang Post kemarin.

Bahkan, sambung Agus, beberapa warga mempertanyakan harga kambing dengan ukuran yang mereka terima kepada blantik. Hasilnya, sang blantik mengatakan dengan kambing sekecil yang diterima warga harganya hanya sekitar Rp 600 Ribu per ekor.

Ia menyebutkan beberapa warga yang melapor kepadanya antara lain dari Desa Talok, Desa Tawangrejeni dan Desa Kemulan yang semua di Kecamatan Turen. Lalu ada juga warga pelapor dari dari Kecamatan Pakisaji antara lain dari Desa Permanu dan Glanggang.

“Kalau memang benar demikian laporan warga, berarti secara tidak langsung produksi dari kambing etawa itu tidak akan maksimal. Karena secara kualitas tidak mamadai untuk berproduksi secara baik,” bebernya lagi. Agus pun berencana akan melakukan kunjungan sidak ke beberapa desa yang warganya sudah memberinya informasi tersebut.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Malang Endy Kusaeri mengatakan bahwa program kambing etawa dikerjasamakan dengan rekanan. Bahkan ia mengatakan, sebelum diberikan kepada warga penerima pihaknya terlebih dulu melakukan seleksi.

“Seperti misalnya besok (hari ini) saya akan melakukan seleksi kambing ke Argoyono di Kecamatan Ampelgading,” tandasnya.

Namun dengan tegas ia mengatakan, laporan yang diungkapkan Agus Bintoro tersebut akan segera ia tindaklanjuti untuk menemukan kebenaran besar kecilnya kambing.(eno) (Redaksi/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s