UB – Jepang Kerja Sama Program Double Degree

 Abdul Hakim

Abdul Hakim

Ada oleh-oleh istimewa yang dibawa rombongan pejabat Universitas Brawijaya (UB) Malang ke Jepang dan Taiwan selama satu minggu kemarin. Yaitu lahirnya kerja sama antara UB dan beberapa universitas di Jepang dan Taiwan untuk pelaksanaan program double degree. Khusus bagi lulusan UB yang berpredikat cumlaude, mendapatkan kesempatan beasiswa double degree ini.

Kabar gembira itu disampaikan Staf Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan UB Dr Abdul Hakim M.Si. “Rektor langsung mengabari saya via handphone, bahwa kerja sama ini bisa diwujudkan. Dan ini adalah hasil kunjungan para pejabat selama di Jepang dan Taiwan kemarin,” ungkapnya kepada Malang Post.

Hakim menuturkan, sejak Sabtu (11/10) lalu, rombongan pejabat UB yang terdiri dari Rektor, tiga Pembantu Rektor, dan 12 pejabat fakultas berangkat ke Jepang. Di sana mereka mengunjungi beberapa universitas seperti Yamaguci University, Sagu University, Nagasaki University, Takusokhu, Siatama University, dan Sibaura institut of Technology Jepang serta National Central University di Taiwan.

Kunjungan dinas ini agenda utamanya untuk membangun kerja sama luar negeri di bidang pendidikan gelar ganda atau double degree ini. Hasilnya, UB akan mengirimkan lulusan S1 yang berperingkat cumlaude sebanyak 55 orang ke beberapa universitas di Taiwan dan Jepang. Seperti program double degree lainnya, pendidikan ini nantinya sebagian waktu ditempuh di Indonesia dan sebagian lagi di luar negeri. “Untuk seleksinya disesuaikan dengan fakultas yang ada di universitas di Jepang dan Taiwan itu,” imbuhnya. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s