Unmer Pamerkan Tenda Pneomatik

Shelter House rancangan Kajur Teknik Arsitektur Unmer Malang dipamerkan kemarin. (Lailatul Rosida/Malang Post)

Shelter House rancangan Kajur Teknik Arsitektur Unmer Malang dipamerkan kemarin. (Lailatul Rosida/Malang Post)

Pameran Forum Mahasiswa Arsitektur Malang (FMAM) yang digelar di lapangan raktorat Universitas Merdeka (Unmer) Malang kemarin, menampilkan temuan baru karya dosen dan juga Ketua Jurusan Teknik Arsitektur Unmer Malang, Ir Heri Budianto MSA PHd. Yaitu tenda pneomatik yang dinamakan Shelterhouse.

Tenda tersebut ukurannya sangat besar, dan menariknya didirikan tidak dengan bantuan tiang penyangga, melainkan dengan kekuatan angin. Tenda ini disiapkan sebagai tempat penampungan bagi para korban bencana.

“Desainnya lebih simpel dan tidak ribet. Tenda bisa dilipat hingga kecil dan dimasukkan ke dalam tas, tidak diperlukan tiang penyangga untuk menopangnya. Sehingga kalau akan membawa tenda ke daerah bencana yang sulit transportasi, tidak terkendala mobil angkutnya karena bisa menggunakan pick up,” ungkap Heri.

Konsep tenda ini, kata dia, sebenarnya sudah banyak dipergunakan di luar negeri, namun selama ini baru produk luar negeri dan belum pernah diproduksi di dalam negeri. Padahal cara membuatnya tidak terlampaui sulit, karena hanya mengandalkan tukang jahit. Untuk mendirikan tenda ini hanya dibutuhkan waktu sekitar setengah jam saja, tenda sudah berdiri. Tenda tersebut bisa dipergunakan untuk menampung korban bencana lebih banyak. Sebab untuk ukuran 10×10 saja bisa muat untuk 100 orang.

Lebih jauh ia menuturkan, penelitian yang dibuatnya ini adalah penelitian yang didanai oleh program hibah Dikti. Untuk membuat satu tenda besar itu, setidaknya membutuhkan dana hingga Rp 8 juta.

Sementara jika menggunakan tenda kecil biasa membutuhkan hingga 5 tenda. “Senin besok, kami akan mempersiapkan diri presentasi dihadapan Dikti. Harapannya, tahun depan bisa disosialisasikan di daerah bencana,” tegasnya. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s