Antisipasi Kesalahan, Ujian SIM Gunakan Simulator

Salah satu pemohon SIM C mencoba alat simulator untuk mengetahui kemampuannya mengendarai motor

SIMULATOR : Salah satu pemohon SIM C mencoba alat simulator untuk mengetahui kemampuannya mengendarai motor

BERBAGAI upaya dilakukan fungsi lalulintas Polresta Malang, untuk memperbaiki pelayanan, dalam lingkup kerjanya. Salah satunya pelayanan pembuatan SIM. Kini warga tidak perlu lagi menunggu satu hari untuk mendapatkan SIM. Dengan berbagai inovasi, dan peralatan canggih yang sengaja diadakan, pemohon hanya butuh waktu 30 menit paling lama untuk mendapatkan SIM. Dan ini juga yang membuat Satlantas Polresta Masuk pada peringkat empat besar, tingkat Polres/ta jajaran Polda Jatim.

Ruang satu atap yang diciptakan unit Satlantas Polresta Malang memang berbeda dengan ruang-ruang lainnya. Ruangan yang berada di kiri bawah gedung utama ini betul-betul membuat pengunjungnya betah. Selain udara yang sejuk, dan kebersihan yang terjaga, faktor pelayanannya juga betul-betul maksimal. Ruangan satu atap ini adalah ruang pelayanan SIM.

Dalam ruangan tersebut ada enam loket yang memiliki fungsi berbeda. Yaitu pertama adalah loket formulir, loket pendaftaran, loket fotokopi, loket ujian teori dan simulator, loket cetak dan pengambilan SIM, dan Loket foto. Banyaknya loket ini tidak dimaksudkan untuk membuat lama pengurusan SIM. Tapi sebaliknya, banyaknya loket tersebut membuat pemohon SIM tidak ribet, dan tepat sasaran. Sehingga pemohon pun tidak perlu berlama-lama mengurus SIM.

“Kalau dulunya pemohon harus keluar untuk fotokopi KTP, kini tidak lagi. Dengan kami menyediakan mesin fotokopi, maka pemohon bisa menghemat waktu,’’ terang Kanit SIM Lantas Polresta Malang, Aiptu Sri Widjajanto.

Dijelaskan dia, alat canggih yang baru dan menjadi sorotan banyak pihak adalah simulator untuk SIM C serta komputer layar ganda. Dijelaskan dia, simulator tersebut cukup penting, karena berhubungan dengan kemampuan pemohon SIM saat berkendara.

Ibarat main game, pemohon SIM juga akan diuji mulai standar jalan, saat harus mengerem, atau pentaatan rambu lalulintas. Karena alat simulator, hasilnya pun langsung terlihat. Sudah tentu, ada standar nilai untuk bisa lulus. “Alat itu dibuat untuk ujian teori, sehingga ada standar penilaiannya. Tapi jangan khawatir bagi pemohon, karena proses ujian teori tidak lama, hanya beberapa menit,’’ tambah Sri disela-sela menyambut tim penilai dari Ditlantas Polda Jatim.

Alat baru yang juga digunakan adalah komputer layar ganda. Alat tersebut diadakan di ruang foto. Dikatakan Sri, alat tersebut tak lain untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan dalam pencetakan SIM. Karena selain petugas, pemohon juga bisa melihat identitasnya. Sehingga jika terjadi kesalahan, maka pemohon bisa langsung membetulkan.

“Dengan begitu, kami kesalahan-kesalahan pencetakan SIM ini bisa diminimalisir,’’ tambah Sri. Paling baru dan sangat membantu adanya petugas pemantau yang ditugaskan menerima keluhan dan pengaduan masyarakat. Petugas ini dari Provost. Tidak main-main, petugas ini langsung menangani serius jika memang ada keluhan dari pada pemohon.

“Perubahan wajah ini tak lain, untuk masyarakat. Tidak ada lagi pelayanan yang bertele-tele, untuk pengurusan SIM. Zaman sekarang pelayanan bertele-tele akan sangat merugikan, bukan hanya pada masyarakat, kita juga rugi, karena harusnya pelayanan itu bisa cepat malah lambat. Selain itu pengurusan SIM di sini sangat murah, pemohon juga tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan SIM,’’ tambah Sri berpromosi. (ira ravika/sumarga nurtantyo) (ira ravika/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya

One response to “Antisipasi Kesalahan, Ujian SIM Gunakan Simulator

  1. sabtu yang lalu saya ujuain SIM dan gagal, lalu haru s mengulang dua minggu kemudian, terus mencoba jangan menyerah, :)

    bestregards
    http://sulhadi.co.cc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s