Pajak Jatim Park Akan Dinaikkan

Pemkot Batu berancang-ancang menaikkan setoran pajak dari taman rekreasi dan belajar Jatim Park (JTP) hingga Rp 1 Miliar pada 2009 mendatang. Pajak yang akan ditingkatkan dari sektor pajak hiburan dan pajak parkir yang dikelola JTP.

Tahun ini, setoran pajak yang disetorkan JTP mencapai Rp 650 Juta. Menurut Kepala Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Batu, Widodo, peningkatan setoran pajak JTP masih memungkinkan untuk dilakukan dengan melihat potensi dan arus kedatangan wisatawan pada tahun 2009 mendatang.

“Peningkatan setoran pajak JTP hingga Rp 1 miliar masih dapat memungkinan. Tahun 2009 kunjungan wisatawan ke Kota Batu akan semakin tinggi, tentunya akan semakin menambah pajak asli daerah (PAD) Kota Batu pada tahun 2009 mendatang,” kata Widodo kepada Malang Post.

Asumsi kenaikan itu menurutnya, dapat dilihat dari ramainya kunjungan wisatawan ke Jatim Park pada liburan lebaran lalu dan liburan sekolah. Ribuan masyarakat memadati JTP hingga parkirnya meluber sampai jalan Sultan Agung.

Awalnya, peningkatan setoran pajak JTP oleh dewan akan dinaikan hingga Rp 2 Miliar. Mereka melihat JTP selalu ramai dikunjungi wisatawan pada saat liburan sekolah dan liburan lainnya, termasuk saat akhir pekan. Kenaikan pajak hingga Rp 2 Miliar realistis untuk dikenakan di JTP.

“Kalau saya lihat, ramainya kunjungan wisatawan hanya 4 bulan, pada saat liburan sekolah, lebaran dan liburan lainnya. Selebihnya, tingkat kunjungan wisatawan dapat dibilang sepi, apalagi kalau hari Jumat. Kalau sampai Rp 2 Miliar tidak realistis,” ungkap mantan Kabag Hukum Kota Batu itu.

Padahal, untuk membayar listrik dan biaya pemeliharaan alat-alat permainan dan lainnya sudah menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Dan tidak semua waktu JTP ramai dikunjungi wisatawan. Kenaikan pajak dari Rp 650 Juta hingga Rp 1 Miliar sudah dianggap cukup realistis.

“Kami berusaha untuk dapat mendatangkan wisatawan dengan banyak menggelar event yang dapat mendatangkan wisatawan ke Kota Batu,” pungkasnya. (aim/eno) (Muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita, Malang Raya, Pariwisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s