201 Sekolah yang Rusak Digelontor Rp 50,250 M

SD Negeri V Tumpakrejo, Dusun Badrek Kecamatan Gedangan yang rusak terkena tanah bergerak sudah diperbaiki Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

SD Negeri V Tumpakrejo, Dusun Badrek Kecamatan Gedangan yang rusak terkena tanah bergerak sudah diperbaiki Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

Perbaikan fasilitas pendidikan di Kabupaten Malang menjadi prioritas. Sebanyak 201 sekolah yang masuk kategori rusak berat digelontor Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 50,250 Miliar. Ratusan sekolah tersebut terdiri dari Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang tersebar di Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Suwandi mengatakan setiap sekolah mendapat DAK sebesar Rp 250 juta untuk perbaikan. Menurut dia, hingga bulan Oktober ini, proses pembangunan sekolah-sekolah itu telah memasuki tahap I. Artinya, tahap selanjutnya bakal dikerjakan tahun 2009 nanti hingga seluruh dana terserap.

“Hanya diperuntukkan bagi sekolah yang masuk kategori rusak berat,” tegas Suwandi.

Suwandi menambahkan, sebenarnya Dinas Pendidikan mendata sebanyak 200 sekolah masuk kategori rusak berat. Selain itu sekitar 50 gedung sekolah dalam kondisi rusak sedang. Sementara, jumlah gedung sekolah yang rusak ringan sekitar 50 buah. “Dana ini swakelola, Dinas menyerahkan kepada sekolah penerima,” katanya.

Meski demikian Suwandi menegaskan Dinas Pendidikan tidak akan lepas tangan. Dinas bakal menjalankan fungsi pengawasan terhadap perkembangan proses pembangunannya. Apalagi sebelum digelontor DAK, tiap sekolah telah mendapat sosialisasi petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis).
“Kita pantau lewat juklak dan juknis, termasuk juga apakah proses pembangunan sesuai dengan Bestek dari konsultan pengerjaan,” imbuhnya.

Sesuai data Dinas Pendidikan, tahun lalu, tercatat sebanyak 133 sekolah (SD/MI) berhasil direhabilitasi. Sementara rehab gedung SMP langsung mendapat blockgrant dari pemerintah pusat. Sampai saat ini Dinas Pendidikan masih mengajukan dana perbaikan SMPN 1 Wagir yang terkena angin puting beliung beberapa waktu lalu.(ary/lim) (Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s