Mahasiswa UM Gelar Urban Art

Sebuah karya seni mahasiswa Seni dan Desain UM yang dipamerkan dengan tajuk “Urbanisasi” dalam gelaran Urban Art. (Muflikh Farid/MALANG POST)

Sebuah karya seni mahasiswa Seni dan Desain UM yang dipamerkan dengan tajuk “Urbanisasi” dalam gelaran Urban Art. (Muflikh Farid/MALANG POST)

Ada yang unik ingin dikenalkan sejumlah mahasiswa Seni dan Desain Universitas Negeri Malang. Sebuah pameran bertajuk “Urbanisasi” dalam gelaran Urban Art. Pameran itu mencoba menuyuguhkan sebuah karya seni yang diekspresikan pada benda-benda yang tidak lazim dijadikan media karya sastra.

Lihat saja di pameran yang ada di Gedung E7 Fakultas Sastra UM ini. Ada sepatu yang dilukis dengan teknik custom shoes. “Teknik customshoes ini mencoba menampilkan bagaimana modifikasi sepatu. Sepatu menjadi media untuk berkreasi, jadinya sepatu yang polos menjadi lebih hidup dan ada seninya,” ungkap Panitia Pameran, Mikha Ciprianus kepada Malang Post, kemarin.

Mahasiswa Seni Desain angkatan 2006 ini menuturkan, karena sudah mendapatkan sentuhan seni, sepatu itu pun jadi lebih berharga. Saat awal beli, harganya hanya Rp 70 ribu, kini ditawar dengan harga Rp 170 ribu. Nilainya semakin tinggi, karena sepatu tersebut tidak hanya berbentuk sepatu saja, melainkan sudah menjadi barang yang bernilai seni.

Selain sepatu, barang lain yang juga dijadikan media adalah helm, papan skate, kain flanel, hingga robot bekas. Robot itu, menurutnya, adalah robot mainan saat masih anak-anak, dan di desian ulang sehingga menjadi robot baru yang punya nilai seni. Ada pula kertas-kertas yang dibentuk menjadi boneka. Untuk teknik dengan kertas ini diberi nama papertoys. “Pameran urbanart ini mencoba menonjolkan idealisme apa yang ada di pikiran dituangkan dalam seni. Tidak seperti lukisan atau patung yang butuh teknik membuatnya,” imbuhnya.

Pameran Urban ini, sebenarnya sudah pernah dikenalkan sejumlah seniman Yogya, dan kini dikenalkan di Malang. Pameran akan digelar hingga 24 Oktober mendatang. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s