Nilai UN Jadi Syarat Masuk PTN

Direktur Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat DIKTI, Prof Dr H Mochammad Munir MS

Direktur Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat DIKTI, Prof Dr H Mochammad Munir MS

Direktur Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat DIKTI, Prof Dr H Mochammad Munir MS menegaskan kembali soal kepastian dijadikannya hasil Ujian Nasional (UN) sebagai salah satu syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Menurutnya, pembahasan sudah dimatangkan di DIKTI dan dipastikan akan diterapkan pada penerimaan mahasiswa baru PTN pada 2009 mendatang.
“Tahun 2009 nanti, UN sudah menjadi salah satu bahan pertimbangan masuk PTN.

Nilai UN bakal menjadi pertimbangan untuk bisa menembus kampus negeri jalur reguler. Ini adalah upaya untuk penyempurnaan pelaksanaan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN),” ungkapnya, seusai menjadi pembicara di acara Dies Natalis UM ke 54 di Gedung Sasana Budaya UM Sabtu lalu.

Dengan begitu, lanjutnya, tentu para pelajar kelas III tingkat SMA harus semakin serius mempersiapkan UN. Sebab, semakin tinggi nilai UN, peluang untuk masuk ke kampus negeri melalui jalur SNM PTN bakal semakin terbuka.

Karena adanya perubahan fungsi UN itu, kata Munir, kemungkinan juga soal UN akan dibuat khusus untuk mengukur prestasi siswa. Sementara soal SNM PTN lebih mengarah ke bidang tes potensi akademik (TPA) atau skolastik. Sedangkan soal-soal UN tetap akan dibuat oleh Badan Standar nasional Pendidikan (BSNP).

Menurut pria yang juga dosen di Universitas Brawijaya (UB) ini, jika UN terintegrasi dengan SNM PTN, maka ada beberapa hal positif yang bisa diambil siswa. Selain nilai UN mereka tidak sia-sia, mereka pun akan mengetahui program apa yang pas dengan bakat yang dimiliki. Sebab ada tes bakat yang akan menjadi salah satu tes masuk ke PTN. (Di kesempatan yang lain, Prof. Munir menjelaskan bahwa nilai UN akan dijadikan parameter dalam pemilihan fakultas, lihat di sini beritanya – Red. MalangRaya)

Sementara itu, agenda peringatan Dies Natalis UM kemarin berlangsung meriah. Dalam acara tersebut diberikan ucapan selamat dan penghargaan kepada dosen UM yang berprestasi tingkat internasional tahun 2008. Diantaranya, Prof H Efendy PhD, sebagai salah satu six Indonesian Leading Scientists, dan Prof DR Siusiana Kweldju M.Pd, peraih UNESCO Asia Pasific Centre of Educations for international Understanding (APCEIU) Award 2008. Ada pula pameran produk mahasiswa UM yang pernah menjuarai ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Ada Donat labu kuning, dan aneka makanan dari Millet. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s