Puluhan Pohon Akan Ditebang untuk Pelebaran Jalan

Pelebaran jalan jalur lingkar selatan yang telah digagas sejak tahun 2008 baru akan dilaksanakan pada tahun 2009 mendatang. Untuk melakukan pelebaran jalan mulai Jalan Raya Mojowangi, Junrejo hingga Jalan Raya Oro-Oro Ombo, puluhan pohon pelindung yang usianya sudah puluhan tahun terancam ditebang.

Penebangan pohon akan banyak dilakukan di Jalan Raya Oro-Oro Ombo dan Jalan Raya Mojowangi, Junrejo. Lokasi pohon dengan jalan yang ada saat ini, hanya sekitar satu hingga dua meter saja. Padahal, Pemkot Batu rencananya akan melebarkan jalan hingga tujuh meter dari jalan yang ada saat ini 4,5 meter.

“Kalau masyarakat sepakat dengan pelebaran jalan hingga tujuh meter, tentunya harus menebang pohon yang ada dipinggir jalan. Tapi kalau tidak, hanya lima meter saja jalan yang akan dilebarkan,” kata Kepala Dinas Permukiman dan Bina Marga Kota Batu, Budi Santoso kepada Malang Post, kemarin.

Jika harus menebang pohon yang ada di pinggir jalan, Dinas Permukiman dan Bina Marga akan melakukan peremajaan terlebih dahulu terhadap pohon-pohon yang akan ditebang nantinya. Pohon yang akan dipotong sudah ada penggantinya dengan pohon baru, agar kelestarian alamnya tetap terjaga dengan baik.

Pelebaran jalan lingkar selatan itu akan dilakukan secara bertahap selama tiga tahun dengan anggaran multi years. Anggaran yang dibutuhkan kurang lebih mencapai Rp 20 miliar.

“Jalur lingkar selatan itu akan menjadi jalan alternatif bagi wisatawan atau pengguna jalan yang akan menuju Kota Batu dari Kota Malang dan sekitarnya,” ungkapnya.

Tapi, jika pelebaran jalan hanya dilakukan lima meter saja, menurutnya, hanya untuk memperlancar akses jalan di jalan raya itu saja, belum sampai pada peningkatan jalan lingkar selatan. Karena beberapa ruas jalan masih dianggap sempit untuk dapat dilewati kendaraan besar.

Meski sekarang ini, jalur itu sudah dijadikan jalan alternatif bagi pengendara, jika terjadi kemacetan di jalur utama menuju Kota Batu. Beberapa ruas jalan di jalur lingkar selatan sudah ada yang mencapai 7 hingga 9 meter, tapi ada pula yang lebarnya masih sekitar 4 meter. Sosialisasi peningkatan jalur lingkar selatan sudah dilakukan beberapa waktu lalu, di hadapan pimpinan Ormas, Parpol dan organisasi kepemudaan. (aim/jon)
(Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s