Sekolah Harus Belajar Strategi Marketing

Ada pemikiran menarik yang diungkapkan Prof Louie A Divinagracia MSc DBA, Dekan Business School and Head of MM Program Universitas Pelita Harapan Surabaya (UPH) di SMAK St Albertus Dempo kemarin.
Menurutnya, yang dibutuhkan sekolah saat ini adalah mempelajari strategi marketing untuk bisa menjual sekolahnya, sehingga diminati masyarakat. Informasi mengenai potensi yang dimiliki sekolah harus segera disosialisasikan, sehingga sekolah menjadi pilihan orangtua untuk menyekolahkan anaknya.

“Sekarang ini jumlah sekolah tidak sedikit, beda dengan dulu yang pilihannya tidak banyak. Karena itu, sekolah harus pintar-pintar mempromosikan sekolahnya, harus ada teknik marketing yang khusus agar bisa mempopulerkan sekolahnya,” ungkap Prof Louie.

Pria yang berkebangsaan Filipina ini menuturkan, potensi yang bisa dipromosikan di sekolah itu misalnya, fasilitas gedung olahraga, lingkungan sekolah yang sehat dan bersih, juga fasilitas maupun program untuk orangtua. Seringkali sekolah juga kurang memperhatikan kepentingan orangtua di sekolah. Seharusnya ada program yang dibuat khusus untuk memanjakan orangtua. Misalnya, seminar parenting atau lainnya.

“Kalau perlu sekolah memikirkan ada tempat parkir khusus orangtua. Jangan sampai untuk datang ke sekolah itu orangtua harus parkir di pinggir jalan. Tentu saja mereka tidak akan mau kembali ke sekolah itu,” tuturnya.

Dalam acara Marketing for High School yang dihadiri sejumlah kepala SMPK se Jawa Timur itu, Louie menambahkan, sekolah harus mampu menampilkan pendidikan bermutu dan berkualitas yang biaya nya tidak mahal. Hal itu bukan sesuatu yang tidak mungkin, sebab ada banyak cara bisa ditempuh sekolah agar program yang menjadi unggulan mereka tidak membuat siswa mengeluarkan biaya tinggi. Misalnya, dengan menggandeng sponsor dan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan. Dengan demikian mereka bisa membangun link dan berpartner dengan mereka dengan dasar saling menguntungkan. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

One response to “Sekolah Harus Belajar Strategi Marketing

  1. Mohammad Fauzil Adhim

    Pemasaran bagi sekolah bukan hanya penting untuk memperoleh murid dan mempertahankan eksistensi sekolah. Lebih dari itu, pemasaran sekolah erat kaitannya dengan proses sekolah melahirkan peserta didik yang sesuai dengan standar output yang telah dirancang oleh sekolah sesuai dengan visi yang dibangunnya.
    Sederhananya begini, jika murid masuk ke sebuah sekolah dengan rasa bangga, ia akan mudah mengikuti budaya sekolah. Ia lebih mudah “dibentuk” oleh sekolah. Tetapi jika sekolahnya tidak membanggakan, terkesan tidak laku, sulit bagi sekolah untuk disegani oleh murid dan wali murid.
    Sekolah yang laris juga cenderung lebih ditaati oleh wali murid, sehingga program sekolah cenderung lebih berjalan, tepatnya berjalan dengan jauh lebih baik dibanding sekolah yang tidak laku atau sekolah yang “biasa-biasa saja”. Membanggakan tidak, meskipun tidak terlalu memalukan.

    Salam,
    MOHAMMAD FAUZIL ADHIM
    Wakil Kepala Sekolah bidang Motivasi SDIT Hidayatullah Yogyakarta
    Narasumber & Trainer di School Marketing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s