Kerugian Bencana Rp 2 Miliar

Kerugian material akibat peristiwa bencana alam di kabupaten Malang pada tahun ini lebih dari Rp 2 Miliar. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Malang mencatat sedikitnya 11 bencana alam menerpa wilayah Kabupaten Malang. Bencana yang tersebar di sembilan Kecamatan itu juga merenggut satu nyawa masyarakat.

Sekretaris Bakesbangpol Drs. Edy Susanto mengatakan delapan bencana terjadi kurun waktu bulan Januri dan Februari, tiga lainnya bersamaan di bulan Oktober. Bakesbangpol belum mencatat jumlah kerugian secara rinci, hanya saja berdasarkan taksiran kasar total kerugian lebih dari Rp 2 Miliar. Kerugian paling besar terjadi pada bencana alam yang menghancurkan fasilitas umum.

“Anggaran tak terduga untuk persiapan bencana alam sekitar Rp 5 Miliar, bulan-bulan berikutnya 15 Kecamatan dinyatakan waspada,” tegas mantan Camat Wagir itu.

Edy mengatakan, pada bulan Januari saja lima bencana menerpa kabupaten Malang. Dimulai dari angin kencang dan banjir di Kecamatan Pujon, banjir di Desa Pulungdowo Kecamatan Tumpang, banjir di Desa Wiyurejo Kecamatan Jabung dan badai di Kecamatan Wagir. Dari lima kejadian tersebut kerugian material terbesar ‘disumbangkan’ jembatan Pulungdowo yang hancur total.

“Kerugian dari Jembatan Pulungdowo ditaksir mencapai Rp 500 Juta, di Wiyurejo kerugiannya lebih dari Rp 50 Juta dan Wagir sekitar Rp 150 Juta,” papar Edy.

Sementara itu, tiga kejadian di bulan Februari terjadi di Desa Gading Kulon Kecamatan Dau, Desa Patokpicis Kecamatan Wajak dan Desa Kepuhharjo Kecamatan Karangploso. Sedangkan tiga bencana di bulan Oktober dimulai sapuan angin puting beliung di Desa Ngadireso Kecamatan Poncokusumo serta puting beliung yang meluluhlantakkan empat desa di Kecamatan Wagir.

“Ditambah bencana longsor di Tirtoyudo sekitar tiga hari yang lalu. Kurun waktu 2007-2008 bencana menewaskan 7 orang,” pungkasnya.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s