Nominasi Peserta UN 2009 Sudah Dimulai

Seorang siswa praktek kerja industri sedang meneliti berkas nominasi UN di kantor Disdik Kota Malang (lailatul rosida /malang post)

Seorang siswa praktek kerja industri sedang meneliti berkas nominasi UN di kantor Disdik Kota Malang (lailatul rosida /malang post)

Meski belum ada kepastian tentang jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN), proses menuju UN sudah dimulai. Sejak beberapa hari terakhir, proses nominasi calon peserta UN sudah dilaksanakan. Nominasi dilakukan untuk menghimpun data peserta UN 2009. Untuk tahap pertama ini, nominasi dilaksanakan untuk siswa SMK. Bertahap, dilanjutkan dengan SMA, SMP dan SD. Kamis (23/10) mendatang adalah deadline akhir penyerahan untuk nominasi calon peserta UN SMK.

“Karena pendataan peserta dari SMK ini cukup unik dan panjang prosesnya, maka pendataannya didahulukan. Kalau sudah, menyusul unutk pendataan peserta UN SMA dan SMP, terakhir SD,” ungkap Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Drs Sugiharto kepada Malang Post.

Untuk proses nominasi ini, sekolah diingatkan untuk tidak melakukan kesalahan dalam mendata siswanya. Jangan sampai ada siswa yang tidak terdata hanya karena tengah mengikuti praktik kerja di Industri. Selain itu, ia juga mengingatkan agar sekolah swasta memenuhi segala persyaratan sebagai penyelenggara UN. Seperti terkait ketentuan izin operasional sekolah, dan status akreditasinya.

“Sekolah yang status izin operasionalnya habis, tidak boleh menyelenggarakan UN sendiri. Sementara bagi yang masa akreditasinya habis, bisa menyelenggarakan UN jika memang penyebabnya karena tidak ada kuota akreditasi dari propinsi,” kata dia.

Ia menyontohkan, SMK PGRI 3 Malang yang sudah habis masa akreditasinya pada 2007 lalu. Masa akreditasi ini berlaku untuk lima tahun. Untuk SMA dan SMK, akreditasi dilakukan langsung oleh badan akreditasi propinsi. Jika tidak ada kuota, maka bukan kesalahan sekolah jika belum melakukan perpanjangan akreditasinya.

Sementara itu terkait munculnya isu yang menyebutkan bahwa pelaksanaan UN dimajukan menjadi Februari, membuat sekolah ngebut. Di SMPN 3 Malang misalnya, sudah dilaksanakan dua kali try out persiapan UN.

“Bahkan siswa di kelas akselerasi yang masih kelas dua sudah mendapatkan try out UN. itu karena ada kabar UN dimajukan, jadi kami harus bekerja ekstra keras,” ungkap urusan kesiswaan SMPN 3 Malang Dra Tatik.

Sesuai jadwal awal, tahun ini UN dilaksanakan pada April. Soal kemungkinan jadwal yang maju ini pun belum bisa dijawab dengan pasti oleh pejabat terkait. Begitupun Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo saat di Malang beberapa waktu lalu. (oci) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s